5 Tips Negosiasi Upah Bagi Pekerja

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Tips Negosiasi Upah Bagi Pekerja
Tips Negosiasi Upah Bagi Pekerja

Kenapa Anda bekerja? Anda bekerja untuk mendapatkan penghasilan bukan? Ya, mayoritas orang di seluruh penjuru dunia ini bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Pasalnya, mereka membutuhkan penghasilan (uang) untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari diri mereka dan juga anggota keluarga mereka.

Urusan upah sering kali menimbulkan friksi antara pekerja dan perusahaan. Pekerja ingin mendapatkan upah yang sebesar – besarnya. Di lain sisi, perusahaan ingin membayar upah karyawan semurah – murahnya. Ketika pekerja dan perusahaan tidak sepakat, maka timbullah sebuah masalah. Itulah kenapa pemerintah membuat standar Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Kabupaten / Kota. Tujuannya agar perusahaan dan tenaga kerja bisa memiliki acuan standar untuk menetapkan besaran upah.

Nah, berbicara mengenai upah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips negosiasi upah bagi pekerja. Langsung saja, berikut beberapa tipsnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

5 Tips Negosiasi Upah Bagi Pekerja

1. Riset Perusahaan Karena Butuh Persiapan Sebelum Negosiasi

Sama seperti ketika kamu ujian, kamu harus melakukan riset yang mendalam untuk posisi yang sedang kamu incar. Kamu harus tahu pasti pekerjaan apa saja yang akan kamu kerjakan nanti (kamu bisa menanyakannya juga kepada pewawancaramu kelak). Kamu harus tahu berapa gaji normal untuk posisi yang kamu inginkan dengan kualifikasi yang kamu miliki. Dengan begitu, kamu tidak mengajukan angka yang terlalu tinggi sehingga tidak masuk akal, ataupun terlalu kecil sehingga merugikan dirimu sendiri.

2. Ketahui Standar Upah Minimum yang Berlaku

Hal pertama yang harus Anda lakukan saat hendak melakukan negosiasi upah dengan perusahaan adalah mencari tahu berapa standar upah minimum yang berlaku di daerah tempat Anda bekerja.

Biasanya, standar UMP dan atau UMK yang berlaku hanya diterapkan untuk tenaga kerja / karyawan baru yang berasal dari jenjang pendidikan SMA sederajat saja. Untuk tenaga kerja dari jenjang pendidikan di atas SMA, standar gajinya bisa lebih tinggi dari angka tersebut.

Yang paling penting, saat negosiasi upah nanti, pastikan upah yang Anda dapatkan lebih tinggi dari standar UMP / UMK yang berlaku.

3. Bernegosiasilah dengan Percaya Diri

Perusahaan normalnya lebih suka mempekerjakan karyawan yang memiliki rasa percaya diri tinggi. Pasalnya, rasa percaya diri dapat mencerminkan kemampuan yang dimiliki oleh seseorang.

Maka dari itu, agar nilai Anda di mata perusahaan bisa lebih tinggi, Anda sebaiknya bernegosiasi dengan rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu, pastikan juga Anda mengenakan setelan pakaian yang rapi dan sopan.

Selama Anda yakin bahwa Anda pantas untuk menempati posisi yang ditawarkan dan menerima gaji yang Anda ajukan, maka peluang Anda untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut akan sangat besar.

4. Hindari Menyebut Angka

Tips negosiasi upah bagi pekerja yang selanjutnya adalah dengan menghindari menyebut angka secara langsung. Penyebutan angka secara langsung akan membuat daya tawar Anda melemah. Pasalnya, begitu perusahaan mengetahui berapa angka yang Anda inginkan, perusahaan akan lebih mudah dalam mengambil / membuat keputusan.

Bila perusahaan menanyai Anda tentang besaran gaji yang Anda inginkan / Anda minta, coba korek informasi mengenai standar gaji yang ditetapkan oleh perusahaan terlebih dahulu. Setelah Anda mengetahui standar gaji yang berlaku di perusahaan tersebut, Anda tinggal meminta standar gaji yang tertinggi.

5. Pertimbangkan Fasilitas Lain di Luar Gaji

Anda tidak harus selalu mendapatkan gaji yang tinggi. Di situasi tertentu, walaupun standar gaji yang ditawarkan perusahaan rendah, namun bila fasilitas lain di luar gaji yang ditawarkan oleh perusahaan banyak, Anda bisa langsung menerimanya.

Pertimbangkan Fasilitas Lain di Luar Gaji
Pertimbangkan Fasilitas Lain di Luar Gaji

Mengapa? Karena bila dihitung – hitung, nilai fasilitas lain di luar gaji bila diuangkan nilainya bisa cukup tinggi. Fasilitas tempat tinggal dan transportasi pribadi misalnya, ke dua fasilitas ini dapat memiliki nilai mencapai jutaan rupiah.

Itulah beberapa tips negosiasi upah bagi pekerja yang bisa Anda coba untuk terapkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.