HOME
Home » Informasi Dan Berita » 6 Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

6 Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

Posted at Juni 9th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

Saat bekerja, tidak jarang kita merasa jenuh atau bahkan stress saat dihadapkan pada beban kerja yang berat. Ketika hal ini terjadi, maka produktivitas kerja akan menurun secara drastis. Bahkan, khusus untuk bidang pekerjaan tertentu, situasi seperti ini dapat menimbulkan efek negatif yang sangat berbahaya untuk tenaga kerja.

Nah, bila Anda sering mengalami kejenuhan atau bahkan stres saat bekerja, berikut merupakan beberapa tips menghilangkan stress dalam bekerja yang bisa Anda coba untuk terapkan:

Ragam Tips Menghilangkan Stres dalam Bekerja

1. Pisahkan Waktu Kerja dengan Waktu Istirahat!

Salah satu penyebab utama stres dalam bekerja adalah karena tumpang tindihnya urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Banyak tenaga kerja yang membawa urusan pekerjaannya ke rumah atau membawa urusan pribadinya ke tempat bekerja. Ketika hal ini terjadi, maka beban yang dirasakan akan menjadi semakin besar. Dampaknya stres dalam bekerja pun menjadi tidak bisa dihindari.

Untuk itu, agar stres dalam bekerja bisa Anda hindari, Anda harus bisa memisahkan antara beban kerja dan beban pribadi. Anda juga harus bisa memisahkan waktu kerja dan waktu istirahat / waktu pribadi. Dengan begitu, beban kerja tidak akan terbawa ke rumah dan beban pribadi tidak akan terbawa ke tempat kerja, sehingga peluang mengalami stres pun akan menjadi semakin kecil.

2. Coba Dengarkan Musik Klasik!

Tips menghilangkan stress dalam bekerja yang ke dua adalah dengan mendengarkan alunan musik klasik saat bekerja. Menurut hasil penelitian, musik klasik diyakini dapat membantu otak menjadi lebih rileks. Tidak hanya itu, alunan musik klasik juga dapat memberikan suasana perasaan yang damai dan tenang.

Oleh sebab itu, bila Anda mengalami stress dalam bekerja, coba nyalakan musik klasik di ruangan tempat Anda bekerja. Bila tidak memungkinkan, coba dengarkan musik klasik dengan menggunakan headset, sehingga orang lain yang ada di sekitar Anda tidak merasa terganggu.

3. Ciptakan Suasana Kerja yang Nyaman!

Anda akan lebih rentan mengalami stres bila Anda bekerja di ruangan yang tidak nyaman. Untuk itu, sebisa mungkin atur dan posisikanlah ruang kerja Anda hingga Anda benar – benar bisa merasa nyaman untuk bekerja di ruangan tersebut.

4. Lakukan Olahraga Ringan di Sela – sela Jam Kerjamu!

Tips menghilangkan stress dalam bekerja yang selanjutnya adalah dengan berolahraga ringan di sela – sela waktu kerja. Olah raga ringan di sela – sela waktu kerja dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah yang ada pada tubuh. Olahraga juga dapat membantu meregangkan otot dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Dampaknya, tubuh tidak akan mudah mengalami stress saat digunakan untuk bekerja dalam kurun waktu yang lama.

5. Hindari Kebiasaan Menunda Pekerjaan!

Menunda pekerjaan hanya akan menciptakan bom waktu yang pasti akan meledak di masa mendatang. Ketika sebuah pekerjaan sengaja ditunda, maka secara otomatis beban kerja akan menumpuk. Ketika hal ini terjadi, maka otak akan meresponnya dengan negatif, terlebih bila deadline waktu yang ditentukan sudah dekat dan pekerjaan yang harus dikerjakan tidak dapat terkejar.

Untuk itu, hindarilah kebiasaan menunda pekerjaan. Bila memungkinkan, segera lakukan pekerjaan yang bisa Anda kerjakan sekarang juga. Dengan begitu, pekerjaan Anda tidak akan menumpuk dan potensi Anda untuk mengalami stress dalam bekerja bisa menjadi semakin rendah.

6. Pertimbangkan untuk Mengambil Cuti Kerja!

Bila kondisi stress yang Anda alami sudah benar – benar parah, coba pertimbangkan untuk mengambil cuti kerja. Bepergian ke tempat – tempat yang menyenangkan biasanya dapat membantu untuk mengembalikan semangat kerja.

Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

Itulah beberapa tips menghilangkan stress dalam bekerja yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to 6 Tips Menghilangkan Stress dalam Bekerja

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!