HOME
Home » UMP Kalimantan Selatan » Akhirnya… UMP Kalimantan Selatan 2018 Naik Juga

Akhirnya… UMP Kalimantan Selatan 2018 Naik Juga

Posted at Mei 2nd, 2018 | Categorised in UMP Kalimantan Selatan

Peningkatan UMP Kalimantan selatan 2018 dilakukan mengacu pada aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Seperti yang telah kita ketahui bersama, Pemerintah Pusat Republik Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja telah membuat ketentuan kenaikan standar upah buruh di Indonesia sebesar 8,71 persen.

logo kalimantan selatan

logo kalimantan selatan

Angka 8,71 persen tersebut didapatkan berdasarkan perhitungan atas besaran inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia sepanjang tahun 2017 yang lalu. Dengan peningkatan standar upah sebesar 8,71 persen tersebut. Harapannya seluruh tenaga kerja di Indonesia bisa hidup dengan layak . Dan tidak mengalami kesulitan berarti dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari keluarganya.

Dalam prakteknya, meskipun pemerintah pusat menetapkan besaran persentase kenaikan upah minimum sebesar 8,71 persen. Namun pemerintah pusat tetap membebaskan pemerintah provinsi untuk mengatur sendiri besaran persentase kenaikan upah di wilayah pemerintahan mereka.

Nah, khusus untuk provinsi Kalimantan Selatan, besaran persentase kenaikan UMP Kalimantan Selatan 2018 ditetapkan dengan mengikuti aturan yang diberlakukan oleh pemerintah, yaitu sebesar 8,71 persen. Padahal, di beberapa provinsi lain nya, besaran UMP ada yang ditetapkan lebih besar dan lebih kecil dari angka tersebut. Alasan nya, karena perhitungan inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang dibuat oleh pemerintah pusat tidak sesuai dengan realita yang terjadi di provinsi mereka.

UMP Kalimantan Selatan 2018

Serikat buruh dan pekerja di Kalimantan Selatan sendiri langsung sepakat dengan ketetapan yang dibuat oleh Pemprov Kalsel. Namun begitu, mereka akan tetap berjuang untuk mendapatkan kenaikan yang lebih besar saat penetapan UMK Kalimantan Selatan 2018 di tingkat kabupaten dan kota. UMP Kalimantan Selatan 2018 saat ini dipatoki di angka Rp. 2.454.671,80-. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 8,71 persen dari besaran UMP Kalsel yang berlaku di tahun 2017.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, selain menggunakan sistem UMP, Provinsi Kalimantan Selatan juga turut menggunakan sistem UMK. Nantinya, setiap kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan dibebaskan untuk menetapkan besaran UMK mereka sendiri. Syaratnya, besaran UMK yang ditetapkan tidak boleh lebih rendah dari besaran UMP Kalimantan Selatan 2018 yang telah ditetapkan oleh Pemprov Kalsel.

Informasi ini terkait:

ump kalimantan selatan 2018

Related Post to Akhirnya… UMP Kalimantan Selatan 2018 Naik Juga

Kategori