Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan was – was, semuanya akan dirasakan. Apalagi jika perusahaan yang memanggil tes kerja adalah perusahaan besar, tidak jarang karena terlalu semangat calon karyawan menjadi lupa menanyakan seputar benefit pekerja.

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja
Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Saat menghadapi wawancara kerja, selain harus bersikap wibawa dan percaya diri, Anda harus tetap bersikap kritis. Bila Anda merasa belum jelas, segera tanyakan hal tersebut pada si pewawancara. Dengan begitu, sebelum Anda menandatangani kontrak kerja, setiap hal yang terkait dengan hak dan kewajiban Anda sebagai tenaga kerja di perusahaan tersebut bisa Anda ketahui secara gamblang.

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja - Tunjangan
Apa yang harus didapat dari benefit pekerja – Tunjangan

Banyak kasus terjadi dimana karena terlalu tegang calon karyawan menjadi seperti diinterogasi oleh si pewawancara. Padahal, wawancara kerja sejatinya hanyalah sesi tanya jawab formal biasa. Artinya, selain harus menjawab pertanyaan dari si pewawancara, Anda juga berhak mengajukan pertanyaan, terutama yang terkait dengan benefit pekerjaan.

Ragam Benefit yang Harus Anda Tanyakan Saat Wawancara Kerja

1. Asuransi Pekerja

Kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling penting dalam hidup. Meskipun Anda memiliki uang dan harta kekayaan yang banyak, jika tubuh Anda tidak sehat, Anda tidak akan bisa menikmatinya. Itulah kenapa asuransi pekerja harus Anda tanyakan ke perusahaan.

Beberapa perusahaan biasanya menyediakan asuransi kesehatan untuk karyawan yang bekerja di perusahaannya. Entah itu asuransi kesehatan swasta maupun asuransi kesehatan pemerintah (BPJS Kesehatan), setiap perusahaan wajib memberikan jaminan kesehatan untuk setiap karyawannya. Terlebih jika jenis pekerjaan yang akan Anda tangani adalah jenis pekerjaan yang beresiko seperti supir, salesman keliling, security, dll.

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja - Asuransi Kesehatan
Apa yang harus didapat dari benefit pekerja – Asuransi Kesehatan

Maka dari itu, untuk memastikan keberadaan asuransi kesehatan, Anda kami sarankan untuk menanyakannya saat sedang interview / wawancara kerja.

2. BPJS Ketenagakerjaan

Selain wajib menyediakan asuransi kesehatan, setiap perusahaan juga diwajibkan untuk menyediakan jaminan sosial untuk setiap tenaga kerja. Di Indonesia jaminan sosial tenaga kerja ditangani oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja - BPJS
Apa yang harus didapat dari benefit pekerja – BPJS

Sifat BPJS Ketenagakerjaan adalah wajib. Artinya, jika perusahaan tidak mau mendaftarkan karyawannya pada BPJS Ketenagakerjaan, perusahaan tersebut akan dikenai sangsi.

3. Dana Pensiun

Sampai saat ini masih banyak tenaga kerja yang salah kaprah menganggap dana pensiun sama dengan Jaminan Hari Tua (JHT). Padahal ke duanya merupakan dua hal yang benar – benar berbeda. JHT bisa didapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan atau pun dari perusahaan asuransi, sedangkan Dana Pensiun belum tentu bisa didapatkan.

Tidak semua perusahaan menyediakan benefit dana pensiun untuk tenaga kerjanya. Akan menjadi sebuah keuntungan jika perusahaan tempat Anda bekerja turut menyediakan Dana Pensiun sebagai benefit pekerja. Maka dari itu, kalau bisa tanyakanlah tentang Dana Pensiun ke manajemen perusahaan saat Anda sedang menghadapi wawancara kerja.

4. Tunjangan Pekerja

Selain berhak mendapatkan upah / gaji pokok, setiap karyawan juga berhak mendapatkan tunjangan pekerja. Dari mulai tunjangan wajib, tunjangan prestasi, sampai dengan Tunjangan Hari Raya, semuanya berhak didapatkan oleh tenaga kerja. Khusus untuk THR, keberadaannya bahkan diatur secara jelas dalam Undang – Undang ketenagakerjaan.

5. Upah Lembur

Waktu kerja normal di Indonesia adalah 40 jam dalam seminggu. Jika perusahaan mempekerjakan karyawannya lebih lama dari waktu tersebut, perusahaan wajib membayar upah lembur.

Aturan pembayaran upah lembur ini diatur secara jelas dalam undang – undang. Oleh karena itu, untuk memastikannya, Anda harus menanyakan tentang aturan lembur di perusahaan saat sedang melakukan wawancara kerja.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.