HOME
Home » Informasi Dan Berita » Dampak Baik Dan Buruk Dari Peningkatan Upah Minimum

Dampak Baik Dan Buruk Dari Peningkatan Upah Minimum

Posted at Agustus 3rd, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Dampak Baik Dan Buruk Dari Peningkatan Upah Minimum

Dampak Baik Dan Buruk Dari Peningkatan Upah Minimum

Untuk melindungi buruh dan tenaga kerja dari inflasi yang terjadi setiap tahunnya, pemerintah secara berkala selalu meningkatkan standar upah minimum. Peningkatan Upah minimum ini biasanya dilakukan dengan menggunakan data inflasi dan data pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tahun sebelumnya.

Harapannya, dengan standar upah minimum yang baru, buruh dan tenaga kerja tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari keluarganya. Disamping itu, dengan besaran upah yang lebih tinggi, daya beli buruh dan tenaga kerja diharapkan dapat mengalami peningkatan, sehingga laju pertumbuhan ekonomi pun akan turut terdongkrak.

Nah, berbicara mengenai peningkatan standar upah minimum, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang beberapa dampak baik dan buruk dari peningkatan upah minimum yang dilakukan pemerintah setiap tahunnya.

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia - Upah Minimum

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia – Upah Minimum

Dampak Baik Peningkatan Upah Minimum

1. Kesejahteraan Buruh Meningkat

Dengan upah yang lebih tinggi, secara otomatis kesejahteraan buruh akan mengalami peningkatan. Ya meskipun dalam prakteknya tingkat kesejahteraan yang didapatkan oleh buruh di Indonesia masih tergolong rendah, namun dengan upah yang lebih tinggi. Buruh setidaknya akan lebih terbantu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari keluarganya.

2. Daya Beli Masyarakat Meningkat

Selain meningkatkan kesejahteraan, peningkatan upah minimum juga akan turut meningkatkan daya beli masyarakat. Jika dengan standar gaji yang lama buruh hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari – harinya saja, maka diharapkan dengan standar gaji yang baru, buruh akan bisa membeli kebutuhan lain di luar kebutuhan pokok.

Harapannya, dengan daya beli yang semakin tinggi, nantinya pertumbuhan ekonomi daerah secara otomatis akan tergenjot. Perusahaan – perusahaan dari luar daerah pun nantinya akan mulai tertarik untuk memproduksi dan memasarkan barang mereka di daerah tersebut sehingga lapangan kerja baru akan banyak terbuka.

Perbedaan upah minimum sektoral, UMK dan UMP

Perbedaan upah minimum sektoral, UMK dan UMP

Dampak Buruk Peningkatan Upah Minimum

1. Menyebabkan Inflasi

Jika dilihat sekilas, maka peningkatan standar upah minimum yang dilakukan oleh pemerintah setiap tahunnya akan turut meningkatkan kesejahteraan buruh dan tenaga kerja. Padahal, jika dilihat secara lebih mendalam, peningkatan upah minimum ini pada dasarnya hanyalah gimmick belaka yang nyaris tidak meningkatkan kesejahteraan buruh sama sekali.

Pasalnya, untuk membayar upah buruh yang semakin tinggi, mau tidak mau perusahaan harus meningkatkan harga jual produknya. Dengan kata lain, meskipun buruh diberi upah yang lebih tinggi, namun biaya hidup juga akan meningkat. Jika sudah begini, maka secara otomatis roda inflasi menjadi terus berkelanjutan dan sama sekali tidak dapat dihindari.

2. Mempersulit Perusahaan

Bagi beberapa kalangan pengusaha, terutama para pengusaha berskala mikro, kecil, dan menengah. Standar upah yang semakin tinggi berpotensi membuat usaha mereka menjadi terancam. Kabar baiknya, pemerintah daerah biasanya selalu memberikan kelonggaran bagi perusahaan – perusahaan seperti ini sehingga mereka tidak wajib menerapkan standar upah minimum tersebut.

3. Membuat Perusahaan Besar Enggan Berproduksi di Indonesia

Perusahaan – perusahaan multinasional cenderung lebih suka mendirikan pabrik di negara – negara berupah murah. Nah, dengan standar upah yang semakin tinggi setiap tahunnya. Kemungkinan besar minat perusahaan – perusahaan besar berskala internasional untuk mendirikan pabrik di Indonesia akan semakin kecil.

Logo UM

Beberapa perusahaan yang sebelumnya telah memiliki pabrik di Indonesia bahkan ada yang memindahkan pabrik mereka ke negara lain. Menurutnya karena standar upah di Indonesia yang dianggap tidak sebanding dengan produktivitas kerja yang diberikan.

Itulah beberapa dampak baik dan buruk peningkatan upah minimum yang perlu kita ketahui. Semoga bermanfaat!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Dampak Baik Dan Buruk Dari Peningkatan Upah Minimum

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!