Gubernur Menetapkan UMP Maluku 2018 Sebesar Rp 2,3 Juta Perbulan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

UMP Maluku 2018 saat ini ditetapkan sebesar Rp. 2,3 juta. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan besaran UMP Maluku yang berlaku di Tahun 2017, yaitu sebesar Rp. 1,9 juta rupiah. Jika dihitung dari sudut pandang persentase, maka persentase kenaikan UMP Maluku di Tahun 2018 hampir mencapai 15 persen.

Kenaikan UMP Maluku 2018

Jika dibandingkan dengan provinsi – provinsi yang lainnya, persentase kenaikan UMP Maluku tergolong jauh lebih tinggi. Mayoritas provinsi lainnya hanya meningkatkan standar UMP sebesar 8,71 persen saja, yaitu sesuai dengan besaran persentase kenaikan upah yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di penghujung tahun, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja secara rutin selalu meningkatkan standar gaji nasional. Perhitungan kenaikan standar gaji nasional ini biasanya dihitung berdasarkan angka inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi nasional yang terjadi di tahun berjalan.

Setelah besaran persentase kenaikan upahnya ditetapkan, pemerintah pusat selanjutnya akan menyerahkan proses pengambilan keputusan peningkatan UMP ke masing – masing provinsi. Harapannya, dengan begitu peningkatan standar upah di tiap provinsi bisa lebih sesuai dengan kondisi ekonomi yang terjadi di provinsi tersebut.

Nah, di Tahun 2018 ini, jika mayoritas provinsi yang lainnya cenderung menggunakan standar kenaikan upah yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat (sebesar 8,71 persen). Pemerintah Provinsi Maluku lebih memilih untuk menggunakan standar gaji yang berbeda dan jauh lebih besar dari angka tersebut, yaitu sebesar 15 persen.

Harapannya, dengan peningkatan UMR Maluku 2018 sekitar 15 persen tersebut, kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Maluku bisa lebih terjamin. Di lain sisi, Pemerintah Provinsi Maluku juga menuntut buruh dan tenaga kerja untuk terus meningkatkan produktifitas kerja mereka. Dengan begitu, meskipun membayar gaji lebih mahal, perusahaan nantinya tidak akan merasa dirugikan.

Penerapan standar UMK Maluku 2018 sebesar 2,3 juta rupiah tersebut sudah diterapkan sejak tanggal 1 Januari 2018 yang lalu. Nantinya, seluruh perusahaan yang beroperasi di Provinsi Maluku. Baik itu perusahaan besar mau pun perusahaan mikro, semuanya wajib mematuhi standar UMP Maluku 2018 tersebut.

Baca juga :

Gubernur Menetapkan UMP Maluku 2018 Sebesar Rp 2,3 Juta Perbulan

UMP Kepulauan Riau 2018 Ditetapkan Rp 2,5 Juta

UMP Kalimantan Utara 2018 Ditetapkan Rp 2.559.903

UMP Kepulauan Riau 2018 Ditetapkan Rp 2,5 Juta

Gubernur Menetapkan UMP Maluku 2018 Sebesar Rp 2,3 Juta

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.