HOME
Home » Informasi Dan Berita » Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Posted at Mei 7th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Banyak pekerja perempuan yang bertanya – tanya mengenai penerapan hak cuti melahirkan bagi ibu hamil di Indonesia. Apakah hak cuti untuk melahirkan ini dilindungi undang – undang? Apakah pekerja tetap berhak mendapatkan gaji selama menjalani masa cuti melahirkan? Dan berbagai macam pertanyaan lainnya.

Nah, berangkat dari pertanyaan tersebut, kami tertarik untuk mengulas sedikit tentang hak cuti melahirkan bagi ibu hamil yang sedang bekerja.

Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil Dilindungi Undang – Undang!

Hal pertama yang wajib diketahui oleh pekerja wanita di seluruh Indonesia, hak cuti melahirkan bagi ibu hamil di Indonesia dilindungi oleh undang – undang, yaitu UU No. 13, Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam undang – undang ini, disebutkan bahwa ibu hamil berhak mendapatkan cuti untuk istirahat selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan (tanggal dihitung mengikuti perhitungan dokter / bidan).

Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Bila selama masa kehamilan ternyata buruh perempuan mengalami keguguran, maka buruh perempuan berhak mendapatkan ijin cuti untuk istirahat selama 1,5 bulan atau selama waktu yang dianjurkan oleh dokter / bidan.

Cara Mengajukan Cuti Hamil / Melahirkan

Cuti hamil / melahirkan dapat diajukan oleh buruh perempuan tepat 1,5 bulan sebelum hari kelahiran. Pengajuan cuti hamil dapat dilakukan dengan menggunakan media surat / tulisan mau pun secara lisan. Begitu mendapatkan informasi dari pihak buruh, manajemen perusahaan wajib memberi cuti satu hari setelahnya.

Bila bayi dalam kandungan sudah lahir, buruh perempuan wajib memberitahukan kelahiran tersebut selama – lamanya 7 hari setelah hari kelahiran. Saat melaporkan kelahiran, buruh perempuan dianjurkan untuk turut melampirkan bukti kelahiran berupa keterangan surat keterangan lahir dari rumah sakit atau pun fotocopy akta kelahiran.

Bagaimana Bila Kelahiran Terjadi Lebih Awal Sebelum Buruh Perempuan Sempat Mengajukan Cuti ke Perusahaan?

Dalam kondisi tertentu, terkadang perhitungan waktu lahir yang dibuat oleh dokter dan bidang bisa meleset. Di situasi seperti ini bisa jadi buruh perempuan sudah melahirkan sebelum sempat mengajukan hak cuti ke perusahaan tempat ia bekerja.

Bila kelahiran terjadi sebelum buruh perempuan sempat mengajukan cuti melahirkan ke perusahaan, maka hak cuti yang diterima oleh buruh perempuan tetap selama 3 bulan. Artinya, perempuan tetap berhak mendapatkan hak cuti selama 90 hari kalender atau mengikuti anjuran dari pihak dokter.

Dalam prakteknya, beberapa perusahaan bahkan ada yang membebaskan buruh perempuan mereka untuk menentukan sendiri kapan waktu terbaik bagi mereka untuk mengambil cuti melahirkan. Dalam hal ini, buruh perempuan dibolehkan mengambil cuti 1 bulan sebelum waktu kelahiran ditambah dengan dua bulan setelah waktu kelahiran. Yang penting, secara akumulasi, jumlah waktu cutinya tidak lebih dari 3 bulan.

Apakah Selama Cuti Hamil, Buruh Perempuan Tetap Mendapat Gaji?

Selama cuti hamil / melahirkan, perusahaan tetap berkewajiban untuk membayar gaji ke buruh perempuan. Pembayaran gaji dilakukan dengan mengikuti standar gaji pokok dan tunjangan tetap seperti biasa.

Tidak hanya itu, bila waktu kelahiran terjadi di sekitaran bulan puasa atau pun sesaat menjelang hari raya, selain harus membayar gaji pokok, perusahaan juga diwajibkan untuk membayar uang THR.

Begitu masa cuti selesai, buruh perempuan juga berhak mendapatkan posisi jabatannya kembali seperti sedia kala. Perusahaan dilarang menurunkan pangkat atau pun mengubah posisi jabatan buruh perempuan ketika ia masih berada dalam masa cuti hamil ataupun cuti melahirkan.

Informasi ini terkait:

ibu hamil melahirkan, foto orang hamil & melahirkan, gambar ibu hamil yg sdg melahirkan, Gambar orang melahirkan, poto orang hamil
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Hak Cuti Melahirkan Bagi Ibu Hamil yang Sedang Bekerja

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!