Info Lengkap Tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Info Lengkap Tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)
Info Lengkap Tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

Sejak beberapa tahun yang lalu, pemerintah Indonesia secara resmi telah menjalankan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program ini merupakan program khusus yang ditujukan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Program JKN adalah bagian dari Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang dijalankan dengan memanfaatkan sistem asuransi kesehatan sosial yang bersifat wajib. Program ini dijalankan dengan berdasarkan pada UU No. 40 Tahun 2004 tentang SJSN dengan tujuan utama untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat yang layak untuk setiap orang yang sudah membayar iuran baik itu secara pribadi atau dibayarkan oleh pemerintah.

Jenis Jaminan Sosial yang Terdapat dalam JKN

Jaminan sosial yang terdapat dalam JKN terdiri atas 5 jaminan. Kelima jaminan tersebut adalah jaminan kesehatan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan jaminan kematian.

Khusus untuk jaminan kesehatan dan jaminan kecelakaan kerja, proses penanganannya akan diserahkan seluruhnya pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Untuk jaminan lainnya akan ditangani oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Siapa yang Menjadi Peserta BPJS Kesehatan

Setiap orang yang tinggal di Indonesia wajib menjadi anggota BPJS. Hal ini mencakup tenaga kerja asing atau pun orang asing yang ada di Indonesia selama lebih dari 6 bulan dan telah membayar iuran ke perusahaan

Kelompok Peserta BPJS Kesehatan

Secara keseluruhan ada dua jenis kelompok peserta BPJS Kesehatan. Kedua jenis kelompok tersebut adalah Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan dan bukan PBI jaminan kesehatan.

PBI jaminan kesehatan adalah semua peserta BPJS Kesehatan yang iurannya dibayar oleh pemerintah. Yang tergolong ke dalam PBI jaminan kesehatan adalah fakir miskin dan anggota masyarakat yang dianggap tidak mampu.

Program Jaminan Kesehatan Nasional
Program Jaminan Kesehatan Nasional

Peserta BPJS Kesehatan bukan PBI jaminan kesehatan terdiri dari tiga kelompok, yaitu kelompok pekerja penerima upah dan setiap anggota keluarga yang dimilikinya, kelompok pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarga yang dimilikinya, dan kelompok bukan pekerja dan anggota keluarga yang dimilikinya.

Siapa yang Dimaksud dengan Pekerja Penerima Upah?

Pekerja penerima upah merupakan setiap orang yang bekerja pada orang lain dan dibayar dengan sistem upah atau pun gaji. Beberapa contoh pekerja penerima upah yang ada di Indonesia adalah Aparatur Sipil Negara, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Anggota TNI, Pegawai Swasta, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, dan lain lain.

Siapa yang Dimaksud dengan Pekerja Bukan Penerima Upah?

Pekerja bukan penerima upah yang dimaksud dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional adalah setiap pekerja yang bekerja atau pun berusaha atas risiko sendiri. Dua contoh pekerja bukan penerima upah yang ada di Indonesia adalah pekerja freelancer / pekerja di luar hubungan, pekerja mandiri, dll.

Siapa yang Dimaksud dengan Bukan Pekerja?

Bukan pekerja merupakan setiap orang yang tidak bekerja namun dapat / mampu membayar uang iuran bulanan Jaminan Kesehatan sendiri. Beberapa contoh orang yang tergolong sebagai bukan pekerja di Indonesia adalah sebagai berikut: pengusaha / pemberi kerja, investor / penanam modal, penerima dana / uang pensiun, para veteran yang mendapat gaji dari pemerintah, para anggota perintis kemerdekaan yang juga mendapat gaji dari pemerintah, dan berbagai macam profesi lain yang memenuhi kriteria bukan pekerja / penerima upah.

Itulah sedikit ulasan mengenai info lengkap Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.