Kenaikan Upah Minimum Provinsi Tahun 2018 di Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia
Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Kenaikan upah minimum Provinsi tahun 2018 ditetapkan sebesar 8,71 persen. Besaran kenaikan tersebut dihitung dengan menggunakan mekanisme perhitungan yang berlaku pada Peraturan Pemerintah No. 78/2015 tentang Pengupahan, yaitu dengan berlandaskan pada angka inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi.

Besaran angka kenaikan UMP 2018 di atas merupakan hasil perhitungan secara nasional. Nantinya, pemerintah Provinsi akan dibebaskan untuk menetapkan besaran kenaikan upah nasional sendiri sesuai dengan kondisi perekonomian di daerah mereka. Dengan begitu, harapannya besaran kenaikan upah minimum Provinsi tahun 2018 bisa lebih adil.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, penentuan besaran angka kenaikan upah minimum yang dilakukan pemerintah pusat dihitung dengan menggunakan data inflasi dan data Produk Domestik Bruto (digunakan sebagai standar pertumbuhan ekonomi) nasional. Data tersebut merupakan rata – rata dari data inflasi dan data PDB seluruh wilayah di Indonesia.

Data inflasi dan PDB nasional

Meskipun jika dilihat sekilas data inflasi dan PDB nasional dapat digunakan untuk seluruh wilayah di Indonesia. Namun pada kenyataannya, besaran data inflasi dan data PDB tersebut sering kali berbeda jauh dengan data inflasi dan data PDB yang terjadi di beberapa daerah. Artinya, jika data tersebut digunakan untuk menetapkan besaran upah setiap daerah, maka kemungkinan besar akan terjadi ketimpangan yang cukup besar.

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia - Ilustrasi
Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia – Ilustrasi

Berangkat dari permasalahan tersebut, pemerintah pusat akhirnya memperbolehkan pemerintah Provinsi untuk menetapkan angka kenaikan upah minimum provinsi tahun 2018 sendiri.

Di beberapa daerah tertentu, terutama daerah–daerah yang masih belum berhasil memenuhi angka Kebutuhan Hidup Layak (KLH). Peningkatan besaran standar upah minimum provinsi tahun 2018 bahkan ada yang mencapai hampir dua kali lipat dari besaran persentase kenaikan upah yang ditetapkan oleh pemerintah.

Jika dibanding – bandingkan, dari 34 Provinsi yang ada pada saat ini, kenaikan upah minimum provinsi terbesar berada pada Provinsi Maluku, yaitu sebesar 15, 44 persen. Angka ini diikuti oleh Provinsi Nusa Tenggara Barat yang menetapkan besaran kenaikan upah minimum provinsi sebesar 11,88 persen dan Provinsi Papua Barat dengan kenaikan UMP 2018 sebesar 10,14 persen.

Akan bisa segera mencapai standar KLH yang ditetapkan oleh pemerintah

Harapannya, dengan kenaikan upah yang lebih tinggi, semua Provinsi tersebut akan bisa segera mencapai standar KLH yang ditetapkan oleh pemerintah. Tidak hanya itu, dengan peningkatan UMP setinggi itu, harapannya buruh dan tenaga kerja yang ada di Provinsi tersebut nantinya juga akan bisa mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

Meskipun kenaikan persentase standar upah minimum provinsi tahun 2018 terbesar berada pada Provinsi Maluku. Akan tetapi besaran UMP 2018 tertinggi masih dipegang oleh Provinsi DKI Jakarta, yaitu sebesar Rp. 3.648.035,-. Di lain sisi, besaran UMP 2018 terendah berada di Provinsi D.I Yogyakarta dengan besaran UMP Rp. 1.454.154,-.

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia - Daftar UMP 2018
Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia – Daftar UMP 2018

Sayangnya, meskipun besaran standar UMP di Indonesia telah ditingkatkan. Namun dalam prakteknya masih ada banyak perusahaan yang tidak membayar upah buruh sesuai dengan standar UMP yang berlaku. Perusahaan – perusahaan ini didominasi oleh perusahaan berskala mikro kecil dan menengah, sehingga beberapa pemerintah daerah pun akhirnya turut memakluminya.

Di lain sisi, di Tahun 2018 beberapa perusahaan besar juga ada yang menurunkan standar upah minimum mereka. Perusahaan – perusahaan ini sebelumnya telah menetapkan besaran upah yang jauh lebih tinggi dari standar upah minimum Provinsi tahun 2018. Jadi, ketika standar UMP 2018 ditetapkan dan mereka diwajibkan untuk mematuhinya, maka secara otomatis standar umpah minimum di perusahaan mereka akhirnya malah menurun.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.