Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia
Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia

Kesenjangan upah antara laki – laki dan perempuan sampai saat ini masih sering terjadi di Indonesia. Dalam kebanyakan kasus, perempuan biasanya akan dibayar dengan upah yang lebih rendah dari upah yang diterima oleh pekerja laki – laki. Padahal jika dibandingkan dari sudut pandang beban kerja, beban kerja yang diterima keduanya cenderung tidak jauh berbeda.

Di beberapa bidang pekerjaan tertentu, terutama bidang pekerjaan yang membutuhkan tenaga atau pun menggunakan otot. Kaum wanita biasanya memang cenderung memiliki produktivitas kerja yang lebih rendah. Di dunia pertanian misalnya, dalam kebanyakan kasus buruh tani wanita biasanya memiliki produktivitas kerja yang lebih rendah dari produktivitas kerja buruh tani pria.

Namun begitu, kesenjangan produktivitas kerja ini tidak berlaku di beberapa bidang pekerjaan lainnya. Bahkan di beberapa bidang pekerjaan tertentu, kaum wanita malah bisa memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi dari kaum pria.

Lantas, apakah upah antara buruh laki – laki dan buruh perempuan boleh dibeda – bedakan? Atau semua buruh, baik itu buruh laki – laki maupun buruh perempuan harus diperlakukan dan dibayar dengan standar upah yang sama?

Solusi Atas Kesenjangan Upah antara Laki – laki dan Perempuan di Indonesia

Jika merujuk pada standar upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah, maka standar upah untuk buruh laki – laki dan buruh perempuan sebenarnya boleh saja dibeda – bedakan. Hanya saja, pembedaan ini tergantung pada sistem pengupahan yang diterapkan oleh perusahaan.

Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia - ilustrasi
Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia – ilustrasi

Jika perusahaan yang mempekerjakan menerapkan sistem upah berbasis prestasi, maka kesenjangan upah merupakah hal yang sah untuk dilakukan. Dalam usaha pertanian misalnya, jika buruh tani laki – laki dapat memanen satu hektar sawah sedangkan buruh tani perempuan hanya dapat memanen setengah hektar sawah, maka pembedaan besaran upah tentunya adalah hal yang wajar.

Namun jika perusahaan yang mempekerjakan adalah perusahaan yang menerapkan sistem upah berbasis waktu kerja, maka pembedaan atas besaran upah tentunya tidak bisa diterima. Terlebih jika produktivitas kerja antara buruh laki – laki dan buruh perempuan tidak berbeda jauh atau malah tidak berbeda sama sekali.

Di lain sisi, untuk beberapa jenis pekerjaan tertentu, dimana buruh perempuan memiliki produktivitas yang lebih tinggi. Perusahaan sudah semestinya memberikan upah yang lebih besar untuk buruh wanita. Di dunia direct selling misalnya, kaum perempuan biasanya cenderung jauh lebih unggul dibandingkan dengan kaum laki – laki. Di bidang – bidang kerja seperti ini, perusahaan semestinya memberikan upah atau pun reward yang lebih besar untuk tenaga kerja perempuan.

Semua Kembali Ke UMP dan UMK yang Berlaku

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, dalam menetapkan UMP dan UMK, pemerintah sama sekali tidak mengatur tentang pembedaan antara UMP dan UMK untuk buruh laki – laki dan perempuan. Artinya, setiap perusahaan pada dasarnya boleh membedakan upah untuk buruh laki – laki dan buruh perempuan.

Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia - Lebih Murah
Kesenjangan Upah antara Laki-laki dan Perempuan di Indonesia – Lebih Murah

Syaratnya, baik buruh laki – laki maupun buruh perempuan keduanya harus mendapatkan upah yang sama, yaitu sesuai dengan UMP ataupun UMK yang berlaku di wilayah operasional perusahaan. Jadi, selama standar upah yang ditetapkan oleh perusahaan sudah berada di atas ambang batas UMP atau UMK yang berlaku, maka perusahaan berhak memberlakukan standar upah yang berbeda untuk buruh laki – laki dan buruh perempuan.

Itulah sedikit tulisan mengenai kesenjangan upah antara laki – laki dan perempuan di Indonesia yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.