Kesepakatan UMP Bangka Belitung 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sempat dicanangkan meningkat sebesar 3,8 persen, UMP Bangka Belitung 2018 akhirnya disahkan di angka Rp. 2.755.443,83,-. Angka ini meningkat sebesar 8,71 persen dari besaran UMP Bangka Belitung di tahun sebelumnya.

Logo Provinsi babel
Logo Provinsi babel

Penepatan besaran kenaikan UMP Bangka Belitung sempat mengalami perdebatan yang alot. Pada awalnya, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung telah menetapkan besaran kenaikan UMR Bangka Belitung 2018 sebesar 3,8 persen. Dengan kenaikan tersebut, UMP Bangka Belitung nantinya akan menjadi 2,6 juta rupiah.

Karena angka tersebut dinilai menyalahi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Bangka Belitung akhirnya langsung mengajukan protes dan menolak penetapan UMP tersebut. Hasilnya, Pemerintah Provinsi Babel pun akhirnya menganulir keputusan pertama mereka. Selanjutnya menggantinya dengan keputusan baru dimana besaran kenaikan UMK Bangka Belitung 2018 ditetapkan sebesar 8,71 persen. Persentase peningkatan UMP tersebut sesuai dengan besaran persentase kenaikan yang ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia.

Kesepakatan UMP Bangka Belitung 2018

Menurut penuturan Pemprov Bangka Belitung, penetapan besaran kenaikan UMP Bangka Belitung 2018 sebesar 3,8 persen pada dasarnya bukan tanpa alasan. Meski pun angka ini jauh lebih kecil dari angka yang ditetapkan oleh pemerintah. Namun angka ini diyakini pihak Pemprov Babel lebih dapat melindungi seluruh tenaga kerja yang ada di Provinsi Babel. Dalam hal ini, dengan kenaikan yang hanya 3,8 persen, Bangka Belitung nantinya tidak lagi menjadi provinsi dengan tingkat UMP terbesar di Sumatera. Dengan begitu, harapannya investor akan lebih tertarik untuk menanamkan uang mereka di Bangka Belitung, sehingga lapangan pekerjaan bisa bertambah, dan tingkat pengangguran pun bisa berkurang.

 

Sayangnya, karena besaran angka kenaikan tersebut ditolak mentah – mentah oleh SPSI Bangka Belitung. Pemprov Babel akhirnya mengalah dan kembali menggunakan angka persentase kenaikan UMR yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dalam prakteknya sendiri, besaran UMP Bangka Belitung 2018 yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut wajib diikuti oleh seluruh perusahaan yang beroperasi di Bangka Belitung. Hal ini dikarenakan provinsi Babel lebih mengutamakan sistem UMP dibandingkan dengan sistem UMK.

Baca juga:

Berikut Besaran Nilai UMP Yogyakarta 2018

Kesepakatan UMP Bangka Belitung 2018

UMP Gorontalo 2018

Berapa UMP Aceh 2018?

Pemprov Resmikan UMP Kalimantan Timur 2018 Rp 2,54 Juta

Informasi ini terkait:

Umk di bang, berapa upah belitung 2018, umk bangka induk 2018, ump belitung, umr bangka belitung 2018, umr pns kabupaten belitung 2018, upah minimum bangka belitung 2018
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.