HOME
Home » Informasi Dan Berita » Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Posted at Juli 24th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Komponen Upah Minimum

Komponen Upah Minimum

Sama seperti halnya mayoritas negara yang lainnya. Indonesia juga memiliki standar upah minimum yang wajib dipatuhi oleh setiap perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Standar upah minimum ini ditetapkan berdasarkan beberapa hal. Seperti: standar Kebutuhan Hidup Layak (KLH) nasional, angka pertumbuhan ekonomi nasional, dan angka inflasi nasional yang terjadi di tahun sebelumnya.

Komponen Upah Minimum

Komponen upah minimum yang ditetapkan oleh pemerintah biasanya mencakup dua hal, yaitu upah pokok dan tunjangan tetap. Artinya, upah minimum tersebut masih belum termasuk upah tunjangan prestasi, upah lembur, dan berbagai macam komponen upah tambahan lainnya.

Penetapan upah minimum yang berlaku di Indonesia dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah propinsi dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan. Berdasarkan aturan ini, nantinya besaran upah minimum akan ditetapkan secara rutin setiap tahun. Yaitu dua sampai tiga bulan menjelang pergantian tahun.

Karena penetapan komponen upah minimum dilakukan secara berkala setiap tahun, maka dalam prakteknya nanti. Pemerintah propinsi hanya perlu menghitung persentase kenaikan upah minimum saja. Perhitungan persentase kenaikan upah minimumnya sendiri dilakukan dengan menggunakan data inflasi dan data pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tahun sebelumnya.

Dapat menggunakan standar kenaikan gaji

Atau, jika mau, pemerintah propinsi juga dapat menggunakan standar kenaikan gaji yang ditetapkan oleh pemerintah. Biasanya setiap tahun pemerintah pusat melalui kementerian ketenagakerjaan secara berkala selalu membuat perhitungan persentase kenaikan gaji nasional yang dihitung dengan menggunakan data inflasi dan data Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap tahunnya Indonesia selalu mengalami inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Kencangnya laju inflasi di Indonesia terkadang membuat para buruh dan tenaga kerja di Indonesia menjadi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari – hari.

Nah, untuk menanggulangi permasalahan tersebut, pemerintah akhirnya melakukan peningkatan standar gaji buruh dan tenaga kerja secara berkala setiap tahun yang besarannya dihitung dengan menggunakan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tahun sebelumnya.

Dengan kenaikan standar gaji secara berkala tersebut, harapannya meskipun harga barang kebutuhan pokok mengalami peningkatan. Buruh dan tenaga kerja tidak akan mengalami kesulitan berarti dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari keluarga mereka.

Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan

Menurut Peraturan Pemerintah No. 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan, disebutkan pula bahwa komponen upah minimum yang ditetapkan setiap tahun oleh pemerintah propinsi hanya berlaku untuk tenaga kerja baru dengan masa kerja kurang dari satu tahun / di bawah satu tahun.

Komponen Upah Minimum - PP 78 2015

Komponen Upah Minimum – PP 78 2015

Untuk tenaga kerja yang sudah berpengalaman atau pun sudah memiliki masa kerja lebih dari satu tahun. Maka penetapan upahnya dilakukan dengan cara bipatrit antara tenaga kerja (dapat diwakili oleh serikat tenaga kerja) dan manajemen perusahaan. Satu hal yang pasti, besaran upah untuk tenaga kerja dengan masa kerja lebih dari satu tahun harus lebih besar dari standar upah minimum yang ditetapkan oleh gubernur.

Tidak hanya itu, komponen upah minimum yang ditetapkan oleh gubernur juga hanya berlaku untuk waktu kerja selama 40 jam per minggu. Artinya, jika waktu kerja perusahaan melebihi waktu kerja standar 40 jam per minggu. Maka tenaga kerja berhak mendapatkan upah tambahan / upah lembur. Dengan besaran sesuai dengan kesepakatan atau pun persetujuan antara ke dua belah pihak (pihak manajemen perusahaan dan pihak tenaga kerja atau buruh).

Itulah sedikit tulisan mengenai komponen upah minimum di Indonesia yang dapat kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Komponen Upah Minimum

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!