HOME
Home » Informasi Dan Berita » Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia

Posted at Juli 20th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia

Korelasi upah minimum dan angkatan kerja tergolong cukup rumit. Jika upah minimum ditetapkan pada angka yang tinggi, maka angkatan kerja di Indonesia akan terancam tidak mendapatkan pekerjaan. Di lain sisi, jika upah minimum ditetapkan pada angka yang terlampau rendah, angkatan kerja mungkin akan bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah namun tidak akan bisa mendapatkan kehidupan yang layak.

Seperti yang telah kita ketahui bersama,  untuk melindungi buruh dan tenaga kerja dari pemberian upah yang tidak layak pemerintah telah menetapkan standar upah minimum. Upah minimum ini dihitung berdasarkan angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan kondisi perekonomian di suatu daerah.

Meskipun sudah ditetapkan, dalam prakteknya masih ada saja pihak – pihak tertentu yang tidak setuju dengan angka Upah Minimum Provinsi dan Upah Minimum Kabupaten / Kota yang sudah ditetapkan. Kalangan buruh menuntut agar UMP dan UMK dinaikkan ke angka yang lebih tinggi. Sebaliknya, kalangan pengusaha menuntut agar UMP dan UMK diturunkan ke angka yang lebih rendah.

Lantas, seperti apakah korelasi upah minimum dan angkatan kerja di Indonesia? Berikut penjelasan singkatnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Hubungan dan Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, korelasi antara upah minimum dan angkatan kerja di Indonesia tergolong cukup rumit. Pasalnya Indonesia saat ini tengah menghadapi krisis lowongan pekerjaan. Jumlah angkatan kerja yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah lowongan kerja yang ada. Hasilnya angkatan kerja jadi banyak yang menganggur

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia - Upah Minimum

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia – Upah Minimum

Jika Upah Minimum Dinaikkan

Jika upah minimum dinaikkan, maka kesejahteraan tenaga kerja juga akan turut mengalami peningkatan. Sayangnya, di lain sisi perusahaan tentunya akan keberatan. Terlebih tenaga kerja di Indonesia juga terkenal tidak begitu produktif.

Baca : Daftar UMR Bali 2019 – 2016

Dampak negatif yang akan terjadi jika hal ini dilakukan adalah perusahaan akan menjadi enggan untuk mendirikan perusahaan di Indonesia. Mereka mungkin akan lebih memilih untuk mendirikan perusahaan di negara – negara tetangga yang memiliki standar upah lebih rendah dari Indonesia.

Jika sudah begini, maka posisi angkatan kerja di Indonesia akan terancam. Jika pengusaha tidak mau mendirikan perusahaan di Indonesia maka jumlah lowongan pekerjaan tidak akan bertambah dan potensi angkatan kerja untuk menjadi pengangguran akan semakin besar.

Jika Upah Minimum Diturunkan

Sebaliknya, jika upah minimum diturunkan, maka kesejahteraan buruh dan tenaga kerja mungkin akan mengalami penurunan. Buruh mungkin akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari keluarganya.

Di lain sisi, pengusaha mungkin akan lebih tertarik untuk mendirikan perusahaan di Indonesia. Dengan standar upah yang rendah, mereka nantinya akan bisa menurunkan biaya produksi.

Jika hal ini terjadi, maka ketersediaan lowongan pekerjaan di Indonesia akan mengalami peningkatan. Angkatan kerja akan menjadi lebih mudah mendapatkan pekerjaan dan angka pengangguran pun bisa segera dipangkas.

Bagaimana Solusi Terbaiknya?

Satu – satunya solusi terbaik yang dapat dilakukan agar korelasi upah minimum dan angkatan kerja di Indonesia bisa positif adalah dengan meningkatkan keterampilan dan produktivitas angkatan kerja.

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia - Ilustrasi

Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia – Ilustrasi

Jika keterampilan dan produktivitas angkatan kerja di Indonesia bagus / tinggi, kemungkinan besar pengusaha tidak akan keberatan meskipun harus membayar upah yang agak sedikit tinggi. Pasalnya, meskipun mereka harus membayar mahal, namun jumlah produk yang dihasilkan oleh tenaga kerja akan sebanding, sehingga secara hitung – hitungan kasar, perusahaan akan tetap diuntungkan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Korelasi Upah Minimum dan Angkatan Kerja di Indonesia

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!