HOME
Home » Informasi Dan Berita » Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Posted at Juli 4th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia dilakukan dengan mempertimbangkan standar angka Kebutuhan Hidup Layak KHL). Angka ini merupakan angka baku yang dihitung dengan mempertimbangkan besaran kebutuhan untuk tempat tinggal dan kebutuhan pokok sehari – hari yang berlaku di suatu daerah.

Perhitungan KHL

Perhitungan KHL dilakukan oleh Dewan Pengupahan Provinsi dan atau Kabupaten / Kota. Nantinya, untuk menghitung KHL. Dewan Pengupahan Provinsi dan atau Kabupaten/Kota akan membentuk satu team survei yang terdiri atas tiga peserta terkait (yaitu perwakilan dari serikat pekerja. Perwakilan dari pengusaha, dan perwakilan dari pemerintah) dan satu peserta netral dari akademisi.

Aktivitas survei KHL biasanya dilakukan secara berkala setiap satu bulan sekali. Survei ini hanya dilakukan dari mulai bulan Januari sampai dengan bulan September saja, sedangkan untuk tiga bulan sisanya. Angka KHL akan dihitung dengan menggunakan metode prediksi least square.

Mekanisme Penetapan Upah Minimum - KHL

Mekanisme Penetapan Upah Minimum – KHL

Setelah angka KHL bulanan berhasil didapatkan, nantinya tim survei akan menghitung angka rata – ratanya. Angka rata – rata tersebut lah yang nantinya akan dijadikan sebagai angka KHL daerah dan digunakan sebagai standar baku untuk penetapan upah minimum daerah.

Nah, dalam prakteknya nanti, selain mengikuti standar KHL yang dihitung dengan metode survei. Penetapan upah minimum propinsi juga akan dilakukan dengan mengikuti aturan dan ketetapan yang dibuat oleh pemerintah pusat. Tidak hanya itu, untuk beberapa daerah tertentu yang besaran standar upahnya sudah berada di atas KHL. Penetapan upah minimumnya biasanya juga dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi dan iklim bisnis yang terjadi setahun ke belakang.

Penetapan Upah Minimum

Penetapan upah minimum dilakukan oleh pemerintah daerah secara berkala setiap satu tahun sekali. Biasanya, karena besaran upah minimum yang berlaku di tahun sebelumnya sudah diketahui. Pemerintah daerah hanya akan menghitung besaran persentase kenaikan upahnya saja.

Mekanisme Penetapan Upah Minimum - Bagan

Mekanisme Penetapan Upah Minimum – Bagan

Untuk daerah – daerah yang standar upahnya masih belum memenuhi angka KHL. Penetapan besaran kenaikan upah biasanya akan mengacu pada angka KHL. Sedangkan untuk daerah – daerah yang standar upahnya sudah berada di atas angka KHL. Penetapan besaran kenaikan upahnya biasanya akan mengacu pada kondisi ekonomi di daerah tersebut, yaitu berdasarkan angka inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tahun sebelumnya.

Sampai saat ini, beberapa daerah di Indonesia masih ada yang belum berhasil memenuhi angka KHL. Setiap tahunnya, penetapan upah minimum di daerah – daerah ini selalu dilakukan dengan mengacu pada angka KHL. Tujuan utama pemerintah provinsi mereka adalah untuk memenuhi standar angka KHL terlebih dahulu.

Di lain sisi, daerah – daerah lain yang sudah berhasil memenuhi standar angka KHL biasanya akan melakukan penetapan upah minimum dengan mengikuti ketetapan yang dibuat oleh pemerintah melalui kementerian ketenagakerjaan. Walaupun pada dasarnya pemerintah pusat membebaskan pemerintah daerah untuk menetapkan persentase kenaikan UMP mereka sendiri. Namun kebanyakan pemerintah provinsi biasanya lebih suka menggunakan standar kenaikan upah yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Nantinya, setelah penetapan upah minimum provinsi sudah selesai dilaksanakan, pemerintah provinsi biasanya akan menyerahkan proses penetapan upah minimum kabupaten / kota ke Bupati / Walikota. Selain itu, dari angka baku UMP yang sudah ditetapkan, pemerintah daerah nantinya juga akan menetapkan besaran upah minimum sektoral yang berlaku untuk beberapa sektor bisnis tertentu.

Itulah sedikit penjelasan mengenai mekanisme penetapan upah minimum di Indonesia yang bisa kami bagikan kepada Anda. Jadi, apakah Anda sudah paham bagaimana proses penetapan standar upah di Indonesia?

Informasi ini terkait:

mekanisme penetapan upah minimum, mekanisme penetapan UMP, penentuan upah minimum
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Mekanisme Penetapan Upah Minimum

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!