Mencari Kerja Sesuai Minat dan Bakat

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Mencari Kerja Sesuai Minat dan Bakat - ilustarasi
Mencari Kerja Sesuai Minat dan Bakat – ilustarasi

Saat baru lulus dari bangku sekolah atau kuliah, banyak orang yang merasa bingung. Mereka bingung lebih baik mencari kerja yang gajinya besar atau mencari kerja sesuai minat dan bakat.

Menurut pendapat para ahli di bidang tenaga kerja, setiap orang sebaiknya bekerja sesuai dengan minat dan bakat. Hal ini dikarenakan waktu yang dihabiskan untuk bekerja tidak sedikit. Hampir sepertiga hidup manusia akan dihabiskan untuk bekerja. Bila pekerjaan yang dijalani tidak menyenangkan maka Anda akan merasa bosan dan tersiksa.

Tips Mencari Kerja Sesuai Minat dan Bakat

Nah, untuk Anda yang saat ini sedang dalam proses mencari pekerjaan, berikut merupakan beberapa tips mencari kerja sesuai minat dan bakat yang bisa Anda coba untuk terapkan:

1. Percayalah, Uang Akan Mengikuti Keterampilan Anda

Uang memang penting. Namun percayalah, uang akan mengikuti keterampilan Anda. Apapun bidang yang akan Anda tekuni nantinya, bila Anda berhasil menjadi seorang ahli di bidang tersebut, Anda pasti akan mendapatkan upah / bayaran yang layak.

Kerja Sesuai Minat dan Bakat
Kerja Sesuai Minat dan Bakat

Hal ini berbeda jika Anda lebih mengutamakan gaji. Meskipun di awal – awal Anda langsung mendapatkan gaji yang besar, namun bila Anda tidak menyukai pekerjaan tersebut, Anda akan merasa bosan dan tersiksa. Bila sudah begini, Anda akan menjadi malas untuk bekerja. Tidak jarang orang yang mengundurkan diri dari kantor hanya karena merasa tidak bahagia dengan pekerjaan yang dilakukannya.

2. Temukan Perusahaan yang Sesuai

Bidang kerja yang bagus harus ditunjang dengan perusahaan yang memiliki iklim kerja yang sehat. Meskipun Anda bekerja sesuai dengan passion yang Anda miliki, namun jika iklim kerja di perusahaan tempat Anda bekerja tidak sehat, maka Anda tidak akan bisa merasa bahagia.

Mencari Kerja Sesuai Bakat
Mencari Kerja Sesuai Bakat

Jangan sia – siakan waktu dan bakat yang Anda miliki. Jangan sampai waktu dan bakat berharga Anda terbuang sia – sia hanya karena iklim kerja di perusahaan Anda tidak jelas. Bila Anda sudah terlanjur terjebak di perusahaan seperti ini, pertimbangkan untuk keluar dan pindah ke perusahaan lain yang lebih baik.

3. Coba Ikut Kursus

Agar minat dan bakat yang Anda miliki bisa lebih terasah, ikutilah kursus atau pun pelatihan yang berhubungan dengan minat dan bakat yang Anda miliki. Dengan begitu, kemampuan dan keterampilan diri Anda akan lebih terasah sehingga peluang Anda untuk bisa mendapat kerja sesuai minat dan bakat akan semakin tinggi.

4. Pertimbangkan untuk Menjadi Seorang Relawan

Bila memungkinkan, untuk mengasah minat dan bakat yang Anda miliki, Anda dapat menjadi relawan di bidang yang Anda sukai. Bila Anda memiliki minat di dunia jurnalistik, Anda dapat menjadi relawan panti asuhan dan orang – orang yang sedang membutuhkan bantuan dalam proses publikasi aktivitas penggalangan dana. Bila Anda memiliki minat di dunia pendidikan (menjadi dosen / guru), Anda dapat menjadi relawan sebagai tenaga pengajar di daerah – daerah terpencil.

5. Jangan Terburu – buru

Khusus untuk Anda yang saat ini sudah bekerja di bidang lain, sebisa mungkin jangan terburu – buru untuk berpindah karir ke bidang yang Anda sukai. Pelajari dan kuasai bidang yang Anda minati hingga Anda benar – benar menguasainya terlebih dahulu.

Jangan asal memilih perusahaan. Bekerjalah di perusahaan yang menurut Anda kompeten dan bisa membuat Anda berkembang dan merasa bahagia. Dengan begitu impian Anda untuk mencari kerja sesuai minat dan bakat bisa terealisasi dengan baik.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.