Mengalami Kenaikan UMK Jawa Barat 2018, Berikut ini Lengkapnya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Logo Jawa Barat
Logo Jawa Barat

UMP Jawa Barat 2018 ditetapkan mengalami kenaikan sebesar 8,71 persen menjadi Rp. 1.544.360,67,-. Angka tersebut sekitar 220 ribu rupiah lebih tinggi dari besaran UMP Jabar di tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp. 1.420.624,29,-.

Mulai diberlakukan sejak 1 Januari 2018 yang lalu, besaran UMR Jawa Barat 2018 tersebut merupakan angka terendah yang boleh digunakan oleh pemerintah Kabupaten Kota se-Jawa Barat dalam menentukan UMK Jawa Barat 2018.

UMP Jawa Barat 2018
UMP Jawa Barat 2018

Hebatnya, dari total 27 kabupaten/kota yang ada di Jawa Barat tidak ada satu pun di antaranya yang menggunakan standar upah dari Pemprov Jawa Barat tersebut. Dalam hal ini, seluruh Kabupaten dan Kota yang ada di Jawa Barat telah menggunakan standar upah minimal yang lebih tinggi. Setandar yang digunakan dari angka UMP Jawa Barat 2018 yang diberlakukan oleh Pemprov Jabar.

UMP Jawa Barat 2018

Menurut informasi yang beredar, besaran UMK tertinggi di provinsi Jabar diduduki oleh Kabupaten Karawang yang menetapkan UMK Kerawang 2018 sebesar Rp. 3.319.291,-. Sedangkan besaran UMK terendah di Jabar ditempati oleh Kabupaten Pangandaran yang menetapkan besaran UMK sebesar Rp. 1.558.793,-.

UMK-UMR Jawa Barat 2018
UMK-UMR Jawa Barat 2018

Jika dibandingkan dengan provinsi – provinsi lain yang ada di Indonesia. Maka dapat disimpulkan Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang menetapkan besaran kenaikan UMR tertinggi di Indonesia.

Dalam hal ini, meski pun Pemerintah Provinsi Jawa Barat menetapkan kenaikan upah minimum provinsi mengikuti aturan yang ditetapkan oleh kementerian tenaga kerja. Namun seluruh wilayah kabupaten kotanya menetapkan besaran upah yang lebih tinggi dari angka tersebut.

Sebagai informasi, pada akhir tahun 2017 yang lalu. Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Tenaga Kerja secara resmi telah menetapkan besaran persentase kenaikan upah minimum di Indonesia sebesar 8,71 persen. Besaran persentase kenaikan tersebut ditetapkan setelah mempertimbangkan angka inflasi. Serta mempertimbangkan tingkat pertumbuhan nasional yang terjadi di sepanjang tahun 2017 yang lalu.

Dalam prakteknya, meskipun pemerintah pusat telah menetapkan besaran persentase kenaikan upah di angka tersebut. Namun setiap provinsi dibebaskan oleh pemerintah pusat untuk membuat kebijakan sendiri sesuai dengan kondisi perekonomian di daerah mereka masing – masing.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.