Pemprov Resmikan UMP Kalimantan Timur 2018 Rp 2,54 Juta

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Meskipun sempat mengalami perdebatan yang alot, UMP Kalimantan Timur 2018 akhirnya ditetapkan sebesar Rp. 2.543.000,72. Angka ini sedikit lebih rendah dari tuntutan serikat buruh yang meminta upah minimal sebesar 2,6 juta rupiah.

Penetapan UMR Kalimantan Timur 2018 sebesar Rp. 2.543.000,72 dilakukan dengan mengikuti ketetapan yang dibuat oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia, yaitu sebesar 8,71 persen. Angka tersebut didapatkan dari perhitungan atas besaran inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Indonesia di sepanjang tahun 2017.

Sayangnya, meskipun sudah ditetapkan mengikuti aturan yang berlaku, banyak anggota serikat pekerja Kalimantan Timur yang tidak setuju dengan besaran UMP Kalimantan Timur 2018 tersebut. Alasannya, angka tersebut tidak sesuai dengan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Kalimantan Timur secara real.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, dalam penetapan besaran persentase kenaikan standar upah buruh. Pemerintah selalu menggunakan besaran angka inflasi nasional dan angkat pertumbuhan ekonomi nasional yang terjadi di tahun sebelumnya. Nah, dalam prakteknya, besaran angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi tersebut tidak selalu sama dengan besaran angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang terjadi di tiap – tiap daerah.

Karena itu, dalam penetapan besaran kenaikan standar upah minimum, pemerintah selalu mengembalikan keputusan finalnya ke pemerintah provinsi. Tujuannya agar besaran kenaikan standar upah yang ditetapkan bisa lebih sesuai dengan besaran inflasi dan pertumbuhan ekonomi di provinsi tersebut.

UMP Kalimantan Timur 2018

Nah, khusus untuk Provinsi Kalimantan Timur, pemerintah sepakat untuk menggunakan standar kenaikan upah yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, yaitu sebesar 8,71 persen. Dengan kenaikan ini, UMP Kaltim 2018 akan menjadi Rp. 2.543.000,72.

Nantinya besaran UMP tersebut akan digunakan untuk menetapkan standar upah lainnya. Seperti standar UMK Kalimantan Timur 2018 dan standar upah minimum sektoral. Penetapan standar UMK Kaltim 2018 sendiri sepenuhnya diserahkan oleh pemerintah kabupaten / kota. Namun begitu, besaran UMK yang ditetapkan setidaknya harus sama atau lebih besar dari angka UMP yang sudah ditetapkan oleh pemerintah provinsi.

Baca juga:

Berikut Besaran Nilai UMP Yogyakarta 2018

Kesepakatan UMP Bangka Belitung 2018

UMP Gorontalo 2018

Berapa UMP Aceh 2018?

Pemprov Resmikan UMP Kalimantan Timur 2018 Rp 2,54 Juta

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.