HOME
Home » Informasi Dan Berita » Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Posted at Juni 28th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja di Indonesia tergolong cukup besar. Dalam kondisi normal, tingkat pendidikan akan berbanding lurus dengan kualitas tenaga kerja dan upah yang diterima oleh tenaga kerja.

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dienyam oleh tenaga kerja, semakin tinggi pula kemampuan tenaga kerja tersebut dalam menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan. Di lain sisi, semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki oleh seorang tenaga kerja, semakin tinggi pula upah yang diterima oleh tenaga kerja tersebut.

Beberapa Pengaruh Tingkat Pendidikan pada Tenaga Kerja

Untuk lebih lengkapnya, pengaruh tingkat pendidikan pada tenaga kerja di Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Gaji / Upah

Upah yang diterima oleh tenaga kerja dengan tingkat pendidikan yang tinggi biasanya cenderung lebih besar dari upah yang diterima oleh tenaga kerja dengan tingkat pendidikan yang rendah.

Seorang lulusan SMA di masa – masa awal bekerja biasanya akan mendapatkan upah sebesar UMP atau pun UMK yang berlaku di daerahnya. Lulusan perguruan tinggi S1 akan dibayar lebih mahal, yaitu sekitar 1,2 sampai dengan 1,5 dari besaran UMP atau pun UMK yang berlaku.

2. Jenis Pekerjaan

Pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja juga terlihat sangat jelas dalam jenis pekerjaan yang akan dibebankan. Tenaga kerja yang berpendidikan tinggi biasanya akan dibebani dengan pekerjaan – pekerjaan yang sifatnya cenderung mengarah ke “pekerjaan otak”. Di lain sisi, tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan rendah biasanya akan dibebani dengan jenis pekerjaan yang cenderung mengarah ke “pekerjaan otot”.

3. Jabatan / Posisi Kerja

Tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan tinggi biasanya akan ditempatkan pada posisi jabatan yang tinggi. Tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan rendah akan ditempatkan pada posisi jabatan yang rendah.

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia - Ilustrasi

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia – Ilustrasi

Di dunia perkantoran misalnya. Seorang lulusan sarjana begitu masuk mungkin akan bisa langsung menjadi seorang tenaga admin. Di lain sisi, seorang lulusan SMA saat baru masuk mungkin hanya bisa menjadi seorang OB atau pembuat kopi.

4. Peluang Karir

Pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja juga turut mencakup peluang karir. Normalnya, tenaga kerja yang berasal dari pendidikan tinggi akan memiliki jenjang karir yang lebih jelas.

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia - Pendidikan di Dunia Kerja

Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia – Pendidikan di Dunia Kerja

Hal ini berbeda dengan tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan rendah yang cenderung memiliki peluang karir yang sempit. Untuk mengatasi hal ini, beberapa perusahaan biasanya menyarankan tenaga kerja mereka untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

5. Tanggung Jawab Kerja

Meskipun jika dilihat sekilas tenaga kerja yang berasal dari jenjang pendidikan tinggi jauh lebih diuntungkan, namun tanggung jawab kerja yang harus diemban oleh tenaga kerja dari jenjang pendidikan tinggi biasanya juga lebih besar.

Seorang tenaga kerja lulusan SMA mungkin hanya akan diberi tanggung jawab yang sepele seperti menjaga kebersihan kantor atau pun memastikan dokumen tertentu terbagi ke seluruh karyawan yang ada di kantor.

Hal ini berbeda dengan tenaga kerja yang berasal dari lulusan S2. Seorang tenaga kerja lulusan S2 mungkin akan diberi tanggung jawab yang besar, seperti menangani divisi penjualan yang dimiliki oleh perusahaan secara penuh, menangani bagian hrd perusahaan secara penuh, menanggungjawabi bagian produksi perusahaan secara penuh, dan lain sebagainya.

Itulah sedikit tulisan mengenai pengaruh tingkat pendidikan kepada tenaga kerja Indonesia yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Pengaruh Tingkat Pendidikan kepada Tenaga Kerja Indonesia

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya

Posted at 26 Oktober 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara... Read More

Kategori


error: Content is protected !!