HOME
Home » Informasi Dan Berita » Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya

Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya

Posted at Juni 25th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya

Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya

Meskipun sering dipandang sebelah mata, tukang bangunan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Tanpa tukang bangunan, masyarakat pasti akan mengalami kesulitan dalam mendirikan berbagai macam bangunan, baik itu rumah, kantor, dan lain sebagainya.

Sayangnya, sampai saat ini tukang bangunan masih belum mendapatkan standar hidup yang sejahtera. Jika dibandingkan dengan tenaga kerja di berbagai bidang lainnya, upah tukang bangunan tergolong cenderung lebih rendah. Padahal, jika dibandingkan dari sudut pandang beban kerja, tukang bangunan memiliki beban kerja yang lebih berat.

Peningkatan Tukang Bangunan

Untuk melindungi tukang bangunan dari gejolak serbuan tenaga kerja asing. Sejak tahun 2016 yang lalu, pemerintah pusat melalui kementerian tenaga kerja sudah mulai menerapkan sistem sertifikasi tukang bangunan.

Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya - Ilustrasi

Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya – Ilustrasi

Harapannya dengan sertifikasi tersebut, kualitas tukang bangunan di Indonesia bisa mengalami peningkatan. Di lain sisi dengan adanya sistem sertifikasi tersebut, upah tukang bangunan harapannya bisa sedikit lebih tinggi dari standar upah yang lama.

Nantinya, tukang bangunan yang sudah memiliki sertifikat akan mendapatkan upah yang sedikit lebih tinggi dari upah yang diterima oleh tukang bangunan biasa yang masih belum berhasil mendapatkan sertifikat.

Selain itu, dengan adanya sertifikat kerja, harapannya seluruh tukang bangunan di Indonesia akan bisa bersaing dengan tukang bangunan dari luar negeri yang sebentar lagi akan segera datang ke Indonesia berkat persetujuan Masyarakat Ekonomi Nasional yang dijalankan oleh pemerintah.

Sekedar informasi, berdasarkan data statistik yang dirilis pada Tahun 2016, jumlah tenaga kerja konstruksi yang ada di Indonesia berada di kisaran 8 juta orang. Dari 8 juta orang tersebut, hanya 800 ribuan saja (sekitar 10 persen) yang sudah mengantongi sertifikat kompetensi kerja. Artinya, masih ada jarak yang sangat tinggi antara tukang bangunan bersertifikat dengan tukang bangunan yang belum bersertifikat.

Kondisi Kerja dan Peningkatan Upah Tukang Bangunan

Pada dasarnya, upah tukang bangunan harus disesuaikan dengan standar upah minimum provinsi atau pun upah minimum kabupaten / kota yang berlaku. Hanya saja, dalam prakteknya mayoritas pemborong sampai saat ini masih belum menetapkan standar upah tersebut. Padahal, di beberapa daerah tertentu, upah tukang bangunan sudah diatur sedemikian rupa dalam formasi upah minimum sektoral (masuk ke dalam sektor konstruksi).

Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya - Upah

Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya – Upah

Di beberapa daerah tertentu, buruh bangunan sering kali dipekerjakan sebagai buruh harian lepas. Gaji tukang bangunan harian biasanya akan dibayar secara berkala setiap hari, yaitu di sore hari (selepas bekerja). Tukang bangunan seperti ini biasanya tidak memiliki kepastian kerja sama sekali. Begitu konstruksi bangunan yang mereka kerjakan selesai. Atau ketika tenaga mereka sudah tidak dibutuhkan lagi, maka mereka akan langsung diberhentikan tanpa mendapat kompensasi sama sekali.

Parahnya lagi, mayoritas tukang bangunan biasanya juga tidak mendapatkan jaminan sosial atau pun jaminan kesehatan sama sekali. Padahal lingkungan kerja yang harus mereka hadapi tergolong cukup berbahaya.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Nasional, di akhir Tahun 2017 yang lalu. Upah tukang bangunan harian lepas berada di angka Rp. 84.378 per hari. Besaran upah tersebut mengalami peningkatan sekitar 0.02 persen dari standar upah tukang bangunan harian bukan mandor yang berlaku di bulan sebelumnya.

Besaran upah tersebut di atas merupakan besaran upah buruh bangunan secara rata – rata di seluruh penjuru wilayah Indonesia. Untuk angka realnya di setiap daerah, besaran upahnya mungkin bisa lebih rendah atau malah lebih tinggi dari angka tersebut, bergantung pada lokasi tempat kerja.

Related Post to Peningkatan Tukang Bangunan Dan Upahnya

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Posted at 10 Februari 2019

www.upahminimum.info – Universitas atau perguruan tinggi berkaitan dengan pembelajaran, bersenang-senang dan menjalin pertemanan baru, bukan?. Tapi semoga Anda akan belajar banyak dan mendapatkan kualifikasi... Read More

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji PNS 2019, Gaji PNS 2018 Hingga 2015 Dan Golongannya

Posted at 27 Desember 2018

www.upahminimum.info – PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali dianggap sebagai posisi yang aman dan... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 21 Agustus 2018

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan was – was, semuanya akan dirasakan. Apalagi jika... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kategori