Perubahan Gaji PNS Saat Ini

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

 

Perubahan Gaji PNS Saat Ini
Perubahan Gaji PNS Saat Ini

Perubahan gaji PNS saat ini sudah tidak terjadi selama tiga tahun. Terakhir kali gaji PNS mengalami peningkatan adalah pada masa awal pemerintahan Presiden Joko Widodo, yaitu pada Tahun 2015. Selepas itu, gaji PNS sama sekali tidak mengalami peningkatan.

Menurut informasi yang beredar, di Tahun 2019 mendatang, gaji PNS akan kembali ditingkatkan. Beberapa isu menyebutkan, peningkatan gaji PNS di Tahun 2019 bahkan akan dilakukan sebesar 200 persen.

Diganti Jadi Tunjangan Hari Raya

Walaupun gaji PNS tidak mengalami peningkatan, namun sudah dua tahun belakangan, PNS mulai diberi THR. Sebelumnya, PNS sama sekali tidak pernah diberi THR. Padahal, pegawai swasta selalu diberi THR dengan besaran 1 bulan gaji.

Perubahan Gaji PNS Saat Ini
Perubahan Gaji PNS Saat Ini

Nah, itulah kenapa walaupun gaji PNS sudah tidak mengalami peningkatan selama hampir 3 tahun, namun PNS di Indonesia tidak melakukan demo atau pun mengajukan tuntutan kenaikan gaji.

Pasalnya, walaupun gaji mereka tidak mengalami peningkatan secara langsung, namun jika dihitung secara tahunan, penghasilan tahunan yang mereka dapatkan tetap mengalami peningkatan.

Bila dijumlahkan, secara total dengan adanya gaji THR, PNS setiap tahunnya akan mendapatkan 14 bulan gaji. 14 bulan gaji tersebut terdiri dari 12 bulan gaji normal, 1 bulan gaji untuk tunjangan anak sekolah dan 1 bulan gaji untuk THR.

Sertifikasi Guru

Selain mendapatkan Tunjangan Hari Raya, beberapa tahun belakangan ini, PNS yang berstatus guru juga turut mendapatkan kompensasi tambahan berupa uang sertifikasi. Uang sertifikasi ini adalah uang penghargaan yang diberikan oleh pemerintah untuk para guru yang sudah berhasil mendapatkan sertifikat profesi.

Walaupun uang sertifikasi berada di luar pos gaji, namun karena uang tersebut tetap masuk ke pos penghasilan, maka secara keseluruhan uang tersebut benar – benar sangat membantu kehidupan para PNS yang berstatus sebagai guru.

Dengan adanya program sertifikasi, dapat dikatakan tingkat kesejahteraan PNS berstatus guru di Indonesia sudah mengalami peningkatan secara drastis. Minimal, dengan keberadaan program sertifikasi, PNS yang berstatus sebagai guru tidak lagi mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari keluarga mereka.

Tertolong Kenaikan Jabatan

Berbeda dengan pegawai swasta yang cenderung hanya akan naik jabatan bila memiliki performa kerja yang bagus, proses kenaikan jabatan PNS bisa dilakukan secara rutin setiap empat tahun sekali.

Nah, kenaikan jabatan ini cukup menolong beberapa PNS. Pasalnya, dengan kenaikan jabatan yang mereka terima, maka secara otomatis gaji dan tunjangan pokok yang mereka dapatkan juga akan meningkat. Dampaknya, walaupun standar gaji PNS tidak mengalami peningkatan, namun mereka tetap bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari tahun – tahun sebelumnya.

Rancangan Perubahan Sistem Pembayaran Dana Pensiun

Di luar perbincangan tentang perubahan gaji PNS saat ini, pemerintah kabarnya juga tengah menggodok rancangan sistem pembayaran dana pensiun baru. Rancangan ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi beban negara untuk membayar uang pensiun PNS.

Nantinya, bila sistem pembayaran dana pensiun yang baru sudah mulai dijalankan, PNS tidak lagi menerima gaji pensiun setiap bulan. Dana pensiun akan diterima oleh PNS secara utuh di depan, yaitu ketika PNS masuk ke masa pensiun.

Perubahan Gaji PNS Saat Ini
Perubahan Gaji PNS Saat Ini

Sampai saat ini, masih belum ada kelanjutan informasi mengenai perubahan sistem pembayaran dana pensiun. Kalau pun sistem ini nantinya benar – benar diterapkan, maka paling cepat sistem tersebut kemungkinan besar baru akan diterapkan di dua atau tiga tahun ke depan.

Itulah sedikit informasi mengenai perubahan gaji PNS saat ini yang bisa kami bagikan kepada Anda. Semoga bermanfaat ya!.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.