HOME
Home » UMP Sumatera Barat » Provinsi Sumatera Barat akhirnya meningkatkan standar UMP Sumatera Barat 2018

Provinsi Sumatera Barat akhirnya meningkatkan standar UMP Sumatera Barat 2018

Posted at Mei 4th, 2018 | Categorised in UMP Sumatera Barat
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Setelah satu tahun menerapkan standar UMP sebesar Rp. 1.949.284,-, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akhirnya meningkatkan standar UMP Sumatera Barat 2018 menjadi Rp. 2.119,067,-. Peningkatan standar UMP tersebut dilakukan dengan mengikuti ketetapan dari Pemerintah Pusat Republik Indonesia yang menyebutkan bahwa peningkatan standar gaji nasional di Tahun 2018 adalah sebesar 8,71 persen.

logo prov sumatra barat

logo prov sumatra barat

Dengan peningkatan standar UMP tersebut, nantinya standar upah minimum Provinsi Sumatera Barat akan setara dengan beberapa provinsi lainnya yang ada di Indonesia seperti Provinsi Sulawesi Barat (terpaut 70-an ribu rupiah), Provinsi Banten (terpaut 20-an ribu rupiah), dll.

Penetapan UMP Sumatera Barat 2018

Harapannya, dengan standar upah minimum yang baru, buruh dan tenaga kerja yang ada di Sumatera Barat bisa mendapatkan hidup yang lebih sejahtera. Di lain sisi, dengan kenaikan upah yang tidak sampai 10 persen. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat juga berharap kenaikan upah tersebut tidak akan membebani perusahaan. Nantinya besaran UMR Sumatera Barat 2018 tersebut akan diterapkan untuk tenaga kerja yang baru masuk. Alias mereka yang memiliki masa kerja kurang dari satu tahun. Sedangkan untuk tenaga kerja yang sudah bekerja selama lebih dari satu tahun. Maka standar gaji nya harus lebih besar dari UMP Sumbar 2018 yang sudah ditentukan.

UMP Sumbar 2018

UMP Sumbar 2018

Dalam pengaplikasiannya sendiri, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tidak dapat memaksakan seluruh perusahaan yang beroperasi di Sumatera Barat untuk mematuhi standar UMP tersebut. Pasalnya ada banyak sekali perusahaan skala mikro, kecil dan menengah yang tidak mampu membayar upah buruh dengan standar tersebut.
Di lain sisi, beberapa perusahaan besar ada pula yang malah menurunkan standar upah minimum mereka yang sebelumnya lebih tinggi dari UMP Sumbar untuk disetarakan dengan UMP Sumbar yang baru.

Untuk besaran UMK Sumatera Barat 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tidak terlalu mempermasalahkan. Dalam hal ini penerapannya kemungkinan besar akan disamaratakan. Artinya, seluruh daerah/wilayah kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sumatera Barat nantinya akan menerapkan standar UMK yang sama. Yaitu mengikuti besaran UMP Sumatera Barat 2018 yang sudah ditetapkan oleh pemprov.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Provinsi Sumatera Barat akhirnya meningkatkan standar UMP Sumatera Barat 2018

Kategori


error: Content is protected !!