HOME
Home » Informasi Dan Berita » Sistem Perupahan Indonesia

Sistem Perupahan Indonesia

Posted at Mei 24th, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Sistem Perupahan Indonesia

Sistem Perupahan Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut banyak sistem perupahan. Setiap perusahaan dibebaskan untuk menggunakan sistem perupahan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Di lain sisi, sistem perupahan Indonesia juga ditetapkan berdasarkan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Secara keseluruhan, sistem upah yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut:

Beberapa Sistem Perupahan Indonesia yang Sering Digunakan Perusahaan

1. Upah Menurut Waktu

Upah menurut waktu merupakan upah yang perhitungannya didasarkan pada waktu kerja. Dalam sistem upah ini dikenal beberapa istilah, seperti upah mingguan, upah harian, upah bulanan, upah 10 harian, dan lain – lain bergantung pada lama waktu kerja yang disepakati.

Dalam prakteknya, sistem upah menurut waktu biasanya cenderung lebih banyak diterapkan oleh perusahaan – perusahaan skala kecil untuk buruh lepas atau pun tenaga kerja tidak tetap.

2. Upah Prestasi

Sistem perupahan Indonesia yang kedua adalah sistem upah prestasi. Sistem upah prestasi dijalankan dengan berdasarkan pada prestasi kerja. Besaran upah akan dihitung dengan mengacu pada prestasi kerja seseorang. Artinya semakin tinggi prestasi kerja buruh, maka semakin besar pula upah yang akan diterimanya dari perusahaan.

Di Indonesia, sistem upah prestasi banyak diterapkan untuk tenaga kerja bagian penjualan atau pun tenaga kerja bagian produksi. Dengan sistem upah ini, harapannya tenaga bagian penjualan dapat menjual lebih banyak produk dan tenaga bagian produksi dapat memproduksi lebih banyak produk.

3. Upah Skala

Sistem upah skala dijalankan dengan mempertimbangkan pada perubahan yang terjadi pada harga kebutuhan sehari – hari. Ketika harga barang kebutuhan sehari – hari meningkat, maka upah juga akan meningkat, sebaliknya ketika harga barang kebutuhan sehari – hari mengalami penurunan, maka upah juga akan mengalami penurunan.

Di era modern seperti sekarang ini, sistem upah skala sudah sangat jarang digunakan. Namun begitu, jika dibandingkan dengan sistem perupahan Indonesia yang lainnya, sistem ini pada dasarnya adalah sistem perupahan yang paling tolerir.

4. Upah Premi

Upah premi sering juga disebut sebagai upah tambahan di luar upah utama / upah bulanan. Upah ini biasanya diberikan di waktu – waktu tertentu saja seperti di akhir tahun atau pun di hari – hari besar keagamaan.

Besaran upah premi biasanya ditentukan dengan melihat pada masa kerja dan prestasi kerja yang dimiliki buruh. Dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan terkadang ada juga yang menyamakan besaran upah premi dengan besaran upah bulanan.

5. Upah Rekanan

Sistem perupahan Indonesia yang selanjutnya adalah sistem upah rekanan. Sistem upah ini dijalankan dengan cara menjadikan buruh sebagai rekan perusahaan yang turut memiliki saham di perusahaan.

Perusahaan yang menjalankan sistem upah ini nantinya akan memberi dua macam upah, yaitu upah rutin yang diberikan setiap bulan dan upah tambahan berupa bagi hasil dari keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan.

Dibandingkan dengan beberapa sistem upah yang lainnya, sistem upah rekanan tergolong jauh lebih menguntungkan untuk pihak buruh. Sayangnya, sampai saat ini jumlah perusahaan yang menerapkan sistem upah ini masih sangat terbatas atau bahkan hampir tidak ada sama sekali.

Itulah beberapa sistem perupahan Indonesia yang diterapkan oleh perusahaan – perusahaan yang ada di Indonesia. Sekedar info tambahan, dalam prakteknya nanti, saat menetapkan upah, perusahaan juga diwajibkan untuk menaati standar UMP atau pun UMK yang berlaku di daerah operasional perusahaan. Artinya, sistem upah apa pun yang digunakan oleh perusahaan, besaran upahnya tidak boleh lebih rendah dari standar UMP atau pun UMK yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Related Post to Sistem Perupahan Indonesia

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji PNS 2019, Gaji PNS 2018 Hingga 2015 Dan Golongannya

Posted at 27 Desember 2018

www.upahminimum.info – PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali dianggap sebagai posisi yang aman dan... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Daftar UMR 2018 Semua Provinsi

Posted at 21 Agustus 2018

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja telah menetapkan besaran kenaikan UMR 2018 sebesar 8,71 persen. Penetapan ini dilakukan dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan was – was, semuanya akan dirasakan. Apalagi jika... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

Posted at 14 Agustus 2018

Sejak awal Tahun 2014 yang lalu, dua perusahaan BUMN yang menangani tenaga kerja di Indonesia secara resmi telah bertransformasi. PT Askes yang sebelumnya bertugas... Read More

Kategori