Standar Baru UMP Kalimantan Tengah 2018 Sebesar Rp. 2.421.305

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Untuk meningkatkan kesejahteraan buruh dan karyawan, di akhir tahun 2017 yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah secara resmi telah meningkatkan standar UMP Kalimantan Tengah 2018 menjadi Rp. 2.421.305,-. Angka tersebut mengalami peningkatan sekitar 194 ribu rupiah dari besaran UMP Kalteng yang berlaku di tahun sebelumnya.

Logo Provinsi Kalimantan Tengah
Logo Provinsi Kalimantan Tengah

Jika dihitung dari sudut pandang persentase, maka persentase kenaikan UMR Kalimantan Tengah 2018 adalah sebesar 8,71 persen. Besaran kenaikan UMP ini sesuai dengan besaran kenaikan UMP yang ditetapkan oleh pemerintah pusat berdasarkan perhitungan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, setiap tahunnya Indonesia selalu mengalami inflasi yang cukup besar. Karena inflasi tersebut buruh dan karyawan sering kali mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari mereka. Nah, agar buruh dan karyawan tidak mengalami kesulitan yang berarti, maka diberlakukan lah sistem kenaikan gaji yang dilakukan secara rutin setiap tahun.

Perhitungan besaran kenaikan gaji tersebut nantinya akan dilakukan dengan mengacu pada besaran angka inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi nasional. Dengan begitu, harapannya, meskipun harga barang kebutuhan sehari – hari mengalami kenaikan, namun buruh dan karyawan tidak akan mengalami permasalahan / kesulitan yang berarti.

UMP Kalimantan Tengah 2018

Standar baru UMP Kalimantan Tengah 2018 sebesar Rp. 2.421.305,- sendiri sebenarnya sudah mulai diterapkan sejak awal tahun 2018 yang lalu. Nilai UMP tersebut juga sudah dijadikan sebagai pertimbangan dalam penetapan nilai upah minimum sektoral yang ada di Kalimantan Tengah.

UMP Kalteng 2018
UMP Kalteng 2018

Dalam prakteknya, besaran upah minimum di setiap sektor usaha mungkin bisa saja berbeda – beda. Namun begitu, besarannya tetap tidak boleh lebih rendah dari besaran UMP senilai Rp. 2.421.305,-.

Di lain sisi, untuk besaran UMK Kalimantan Tengah 2018. Pemerintah Provinsi Kalteng menyerahkan seutuhnya pada kepala daerah di wilayah kabupaten dan kota. Syaratnya, besaran UMK yang ditetapkan harus sama atau lebih besar dari nilai UMP Kalimantan Tengah 2018 yang telah ditetapkan sebelumnya.

Oh ia, besaran UMP tersebut hanya berlaku untuk karyawan dengan masa kerja di bawah satu tahun dan untuk jam kerja maksimal selama 40 jam dalam seminggu. Di luar jam kerja tersebut, perusahaan diwajibkan untuk membayar uang / gaji lembur / tambahan.

Informasi ini terkait:

informasi sistem upah provinsi kalimantan tengah, sistem upah di kalimantan tengah, sistem upah kalimantan tengah, Upah Standar Kariawan Perusahaan Di Kalimantan Tengan
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.