HOME
Home » UMP Papua » Standar UMP Papua 2018 saat ini berada di angka 3 juta rupiah

Standar UMP Papua 2018 saat ini berada di angka 3 juta rupiah

Posted at Mei 6th, 2018 | Categorised in UMP Papua
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Standar UMP Papua 2018 saat ini berada di angka 3 juta rupiah. Angka ini mengalami peningkatan dari angka yang disetujui oleh pemerintah sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 2.895.650,-.

Logo Pemprov Papua

Logo Pemprov Papua

Sebelumnya, di awal Bulan 11 Tahun 2017 yang lalu, Pemerintah Provinsi Papua telah menetapkan besaran UMR Papua 2018 sebesar Rp. 2.895.650,-. Sayangnya, tidak lama setelah diumumkan, ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Papua langsung mengadakan unjuk rasa untuk menolak keputusan tersebut.

UMP Papua 2018

Setelah melalui perdebatan yang cukup alot, Pemerintah Provinsi Papua dan perwakilan SPSI Papua akhirnya setuju untuk meningkatkan besaran UMK Papua 2018 sebesar 3 juta rupiah. Angka tersebut ditetapkan lebih rendah sekitar 200 ribu rupiah dari tuntutan SPSI. SPSI menginginkan upah minimum di Papua sebesar 3,2 juta rupiah.

Dengan standar upah yang baru, harapannya kesejahteraan buruh dan tenaga kerja di Papua bisa lebih meningkat. Namun begitu, di lain sisi, Pemerintah Provinsi Papua juga turut menghimbau para buruh dan tenaga kerja untuk terus meningkatkan produktivitas kerja harian mereka. Dengan begitu, harapannya perusahaan yang beroperasi di Provinsi Papua tidak akan merasa dirugikan. Karena diharuskan untuk membayar upah buruh sedikit lebih besar dari biasanya.

Jika dibandingkan dengan besaran persentase kenaikan upah yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, maka besaran persentase kenaikan upah yang digunakan oleh Pemprov papua cenderung jauh lebih tinggi. Namun begitu, hal ini bukanlah sebuah permasalahan. Sebab, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia telah menyerahkan seluruh proses penentuan besaran upah ke masing – masing pemerintah Provinsi.

Harapannya, dengan pembebasan (besaran persentase kenaikan upah) tersebut. Masing – masing provinsi yang ada di Indonesia bisa menerapkan standar UMP yang sesuai dengan kondisi perekonomian di daerah mereka.

Saat mengumumkan besaran UMP Papua 2018 yang baru. Pemerintah Provinsi Papua juga turut menegaskan bahwa standar UMP senilai 3 juta rupiah tersebut hanya berlaku untuk tenaga kerja dengan pengalaman kerja di bawah 1 tahun. Artinya, untuk tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja di atas 1 tahun. Besaran gajihnya harus lebih tinggi dari standar UMP tersebut.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Related Post to Standar UMP Papua 2018 saat ini berada di angka 3 juta rupiah

Kategori


error: Content is protected !!