Tanggung Jawab Jasa Akuntan dan Upahnya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Layanan jasa akuntan belakangan ini terlihat semakin ramai di kalangan masyarakat. Di lain sisi, jumlah perusahaan dan institusi yang membutuhkan jasa akuntan pun juga turut mengalami peningkatan. Pertanyaannya, berapakah upah yang didapatkan oleh seorang akuntan?

Tanggung Jawab Akuntan dan Upahnya
Tanggung Jawab Akuntan dan Upahnya

Akuntan merupakan pekerjaan yang sarat akan pengalaman. Normalnya gaji ataupun upah seorang akuntan akan bergantung pada pengalaman kerja yang dimilikinya. Semakin banyak pengalaman kerja yang dimiliki seorang akuntan, maka semakin tinggi pula upah yang akan diterima oleh akuntan tersebut.

Kebutuhan Jasa Akuntan Di Indonesia Tergolong Sangat Tinggi

Indonesia saat ini merupakan salah satu negara dengan pondasi ekonomi terkuat di ASEAN. Dibandingkan dengan beberapa negara lainnya, Indonesia memiliki perekonomian yang lebih kuat dengan perputaran uang yang jauh lebih besar.

Akuntansi sendiri memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem perekonomian suatu negara. Hal ini dikarenakan setiap pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perekonomian akan dilakukan dengan menggunakan data informasi akuntansi.

Nah, karena mayoritas perusahaan yang ada di Indonesia adalah perusahaan berskala menengah ke bawah, maka secara otomatis kebutuhan akan jasa akuntan di Indonesia menjadi cukup tinggi.

Pasalnya, sebagian besar perusahaan tersebut masih belum mampu membayar akuntan pribadi yang hanya menangani aktivitas akuntansi perusahaan mereka saja. Padahal di lain sisi setiap perusahaan tersebut membutuhkan jasa akuntan.

Tanggung Jawab Seorang Akuntan

Seorang akuntan memiliki tanggung jawab utama sebagai berikut:

  • Membuat perencanaan dan melakukan pengontrolan atas arus kas perusahaan
  • Mengumpulkan dan membuat analisa data keuangan perusahaan untuk menghasilkan laporan keuangan yang siap digunakan oleh manajemen perusahaan
  • Membuat perencanaan, membuat laporan, dan melakukan pembayaran pajak perusahaan
  • Membuat perencanaan dan melakukan koordinasi dalam proses penyusunan anggaran belanja perusahaan

Jika dibandingkan dengan beberapa bidang pekerjaan lainnya, tanggung jawab yang harus diemban oleh seorang akuntan tentunya tergolong cukup berat. Lantas, berapakah upah yang didapatkan oleh seorang akuntan?

Standar Upah Akuntan di Indonesia

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, standar upah seorang akuntan sangat bergantung pada pengalaman yang dimilikinya. Semakin banyak pengalaman yang dimiliki oleh seorang akuntan, semakin tinggi pula gaji yang akan didapatkan oleh akuntan tersebut.

Selain itu, standar gaji akuntan juga sangat bergantung pada lokasi kerja. Upah akuntan yang beroperasi di daerah – daerah metropolitan seperti Jakarta dan Surabaya biasanya cenderung lebih tinggi dari upah akuntan yang beroperasi di daerah – daerah terpencil seperti Kota Pematangsiantar atau pun Kab. Sragen.

Menurut informasi yang kami baca dari beberapa sumber, gaji rata – rata seorang akuntan adalah sebagai berikut:

  • Akuntan yang belum memiliki pengalaman kerja = UMP / UMK
  • Akuntan dengan pengalaman kerja di bawah 5 tahun = 1.5 dari UMP / UMK
  • Akuntan dengan pengalaman kerja 5 – 10 Tahun = 2 kali UMP / UMK
  • Akuntan dengan pengalaman kerja lebih dari 10 tahun = 3 kali UMP / UMK

Pendidikan yang Dibutuhkan untuk Menjadi Seorang Akuntan

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang akuntan, berikut merupakan latar belakangan pendidikan dan keahlian yang perlu Anda dapatkan:

Untuk bisa menjadi seorang staff akuntansi Anda harus lulus dari pendidikan D3 jurusan akuntansi dan sudah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun

Untuk bisa menjadi seorang manajer Akuntan, Anda harus memiliki latar belakang pendidikan S1 dari jurusan akuntansi dan sudah memiliki pengalaman selama lebih dari 5 tahun.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.