Tujuan Magang dan Panduannya

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Tujuan Magang dan Panduannya
Tujuan Magang dan Panduannya

Magang merupakan salah satu syarat wajib yang harus dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir. Sebelum lulus dari bangku kuliah, setiap mahasiswa biasanya diwajibkan untuk melaksanakan magang di perusahaan. Apa tujuan magang? Seperti apa magang dijalankan? Dan bagaimana panduan magang di Indonesia?

Sistem Magang di Indonesia

Setiap orang yang sudah lulus dari bangku perkuliahan pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah magang. Pasalnya sebelum bisa lulus dari bangku kuliah, setiap mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melaksanakan program magang di perusahaan yang terkait dengan bidang jurusan yang sedang ditekuni.

Magang dilakukan bukan tanpa tujuan. Dengan magang harapannya setiap mahasiswa dapat mengetahui seperti apa iklim kerja yang berlaku di perusahaan tempat mereka magang. Magang dapat memberi banyak pengalaman berharga untuk mahasiswa. Mahasiswa yang melakukan magang akan lebih siap untuk “berperang” di dunia kerja yang sebenarnya.

Di Indonesia sendiri, panduan magang sudah diatur dalam Undang – Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Dalam pasal 21 sampai 30 undang – undang tersebut, peraturan dan tata cara pelaksanaan magang sudah diatur dengan rinci.

Selain diatur oleh undang – undang, proses pelaksanaan dan penyelenggaraan magang juga turut diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. PER.22/MEN/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Indonesia.

Tujuan Magang

Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi di atas disebutkan bahwa Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang dilaksanakan secara terpadu antara aktivitas pelatihan yang dilakukan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan awasan dari instruktur dan atau pekerja yang sudah berpengalaman dalam rangkaian proses produksi barang atau jasa di perusahaan dalam rangka mendapatkan keterampilan atau pun keahlian kerja tertentu.

Jika merujuk pada definisi di atas, maka tujuan magang adalah untuk memberikan pelatihan pada mahasiswa tingkat akhir atau pun siswa SMK tingkat akhir sehingga mereka bisa mendapatkan keterampilan dan keahlian kerja.

Dalam prakteknya, setiap perguruan tinggi dan sekolah menengah kejuruan yang ada di Indonesia saat ini sudah menjadikan magang sebagai salah satu syarat mutlak untuk bisa lulus. Artinya untuk bisa lulus dari jenjang pendidikan perguruan tinggi atau pun sekolah menengah kejuruan, setiap mahasiswa atau pun siswa SMK wajib mengikuti program magang yang diadakan oleh lembaga pendidikan yang mereka ikuti.

Perbedaan Magang dengan Pelatihan Kerja

Perbedaan magang dan pelatihan kerja terletak pada peserta dan tujuannya. Magang diikuti oleh peserta didik, yaitu mahasiswa tingkat akhir atau pun siswa / siswi SMK kelas tiga, sedangkan pelatihan kerja diikuti oleh calon tenaga kerja atau pun tenaga kerja yang baru diterima oleh perusahaan.

Tujuan magang adalah sebagai pengenalan dunia kerja, pelatihan kerja dan sebagai syarat untuk bisa lulus dari lembaga pendidikan, sedangkan tujuan pelatihan kerja adalah untuk mengembangkan kompetensi kerja dan produktivitas karyawan yang ada di perusahaan.

Perjanjian Magang

Setiap perusahaan yang mengadakan program magang wajib memberikan perjanjian kerja magang kepada setiap calon peserta magang. Perjanjian kerja tersebut berisi kesepakatan antara perusahaan dan peserta magang mengenai alur dan tata aturan pelaksanaan program magang yang akan dijalankan.

Kontrak / perjanjian magang wajib memuat beberapa hal penting berikut ini:

  • Hak peserta magang
  • Kewajiban peserta magang
  • Hak perusahaan
  • Kewajiban perusahaan
  • Jangka waktu pelaksanaan magang
  • Jenis program magang yang akan dijalankan
  • Bidang kejuruan yang diterima
  • Jumlah peserta magang yang diterima
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.