UMP Papua Barat 2018 saat ini berada di angka Rp. 2.667.000

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

UMP Papua Barat 2018 saat ini berada di angka Rp. 2.667.000,-. Angka ini mengalami pertumbuhan sebesar 8,71 persen dari besaran UMP Papua Barat yang berlaku di tahun sebelumnya.

Meskipun sudah ditingkatkan sebesar 8,71 persen, besaran UMR Papua Barat 2018 masih berada di bawah standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL). Dengan besaran upah minimum tersebut, saat ini Provinsi Papua Barat baru berhasil memenuhi 95,5 persen dari nilai standar KHL. Harapannya, di tahun 2019 nanti besaran upah minimum yang berlaku di Papua Barat sudah bisa memenuhi besaran KHL.

Jika dibandingkan dengan beberapa provinsi lainnya, besaran UMK Papua Barat 2018 pada dasarnya sudah tergolong cukup besar. Pasalnya, di beberapa provinsi yang lainnya, besaran upah minimum nya masih ada yang berada di kisaran 1,5 juta rupiah.
Sayangnya, karena besaran inflasi dan KHL di Papua Barat yang tinggi, maka besaran standar upah tersebut masih terbilang belum memadai. Itulah mengapa, pada waktu pengumuman hasil rapat UMP Papua Barat 2018, ada beberapa organisasi serikat buruh yang memilih untuk melakukan walk out karena tidak setuju dengan besaran UMP yang ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, standar perhitungan persentase kenaikan gajih sebesar 8,71 persen yang dibuat oleh pemerintah dihitung dengan menggunakan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam prakteknya, angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi di setiap wilayah biasanya akan berbeda dengan angka inflasi dan pertumbuhan ekonomi nasional. Maka dari itu, penggunaan angka 8,71 persen dengan alasan mengikuti aturan pemerintah sering dianggap kurang tepat.

Dalam posisi seperti ini, Pemerintah Provinsi seharusnya dapat mengambil kebijakan sendiri yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian di daerahnya, tentunya dengan turut mempertimbangkan kemampuan perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut.

UMP Papua Barat 2018

Nah, dalam prakteknya, besaran UMP Papua Barat senilai Rp. 2.667.000,- tersebut harus dipatuhi oleh seluruh lembaga perusahaan yang beroperasi di Papua Barat. Disamping itu, khusus untuk perusahaan yang bergerak di sektor tertentu, seperti sektor Minyak dan Gas, standar UMP yang berlaku ditetapkan sebesar 3,5 juta rupiah, sektor tambang umum diluar galian C sebesar Rp. 2.806.000,-, dan sektor konstruksi sebesar Rp. 2.875.000,-.

Baca juga:

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

UMP Nusa Tenggara Timur 2018

UMP Maluku Utara 2018 Belum Terdaftar

Gubernur Menetapkan UMP Maluku 2018 Sebesar Rp 2,3 Juta Perbulan

UMP Kepulauan Riau 2018 Ditetapkan Rp 2,5 Juta

UMP Papua Barat 2018 saat ini berada di angka Rp. 2.667.000

Informasi ini terkait:

ump periusahaan bergerak di bidnag retail di papua barat 2018
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.