UMP Sulawesi Selatan 2018 mengalami peningkatan sebesar 8,71 persen

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

UMP Sulawesi Selatan 2018 mengalami peningkatan sebesar 8,71 persen menjadi Rp. 2.647.767,-. Besaran persentase peningkatan ini sesuai dengan besaran persentase kenaikan upah minimum yang ditetapkan oleh Pemerintah Republik Indonesia.

logo provinsi sulawesi selatan
logo provinsi sulawesi selatan

Seperti yang kita ketahui bersama, di akhir tahun 2017 yang lalu Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia telah menetapkan besaran kenaikan upah minimum nasional sebesar 8,71 persen. Angka ini dihitung atas pertimbangan angka inflasi dan angka pertumbuhan ekonomi nasional yang terjadi di tahun berjalan.

Dengan peningkatan upah minimum sebesar 8,71 persen ini, nantinya buruh dan tenaga kerja diharapkan bisa terus memenuhi kebutuhan sehari – hari keluarga mereka tanpa harus mengalami kesulitan yang berarti.

Meskipun pemerintah pusat telah menetapkan besaran persentase kenaikan upah minimal nasional sebesar 8,71 persen. Namun untuk kenaikan upah di tingkat provinsi dan kabupaten kota, pemerintah pusat menyerahkannya pada pemerintah provinsi. Tujuannya agar standar upah provinsi yang berlaku bisa lebih pas dan lebih sesuai dengan kondisi perekonomian di provinsi tersebut.

UMP Sulawesi Selatan 2018

Sayangnya, mayoritas provinsi yang ada di Indonesia, termasuk salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Selatan, cenderung lebih memilih untuk menggunakan standar kenaikan upah yang ditetapkan oleh pemerintah. Dengan standar kenaikan upah sebesar 8,71 persen, besaran UMR Sulawesi Selatan 2018 akhirnya menjadi Rp. 2.647.767,-. Angka ini mengalami kenaikan sekitar 212 ribu rupiah dari standar UMP Sulsel yang berlaku di tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp. 2.435.625,-

Dari besaran standar UMP tersebut, pemerintah Sulawesi Selatan membebaskan setiap wilayah kabupaten dan kota yang ada di provinsi mereka untuk menentukan besaran UMK Sulawesi Selatan 2018 sesuai dengan kondisi perekonomian di kabupaten dan kota mereka masing – masing. Syaratnya, besaran UMK yang ditetapkan tidak boleh lebih rendah dari besaran UMP yang sudah ditentukan oleh Pemprov Sulsel.

Saat ini, posisi UMK Sulsel 2018 tertinggi masih dipegang oleh Kota Makassar dengan besar UMK bulanan mencapai 2,7 juta rupiah. Untuk daerah – daerah lainnya, mayoritasnya lebih memilih untuk menyamakan besaran UMK di kabupaten / kota mereka dengan UMP Sulawesi Selatan 2018.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.