Upah Perawat di Seluruh Dunia

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Sebagian dari Anda, terutama Anda yang bercita – cita menjadi seorang perawat mungkin bertanya – tanya berapa sih besaran upah perawat di seluruh dunia? Apakah upah perawat di Indonesia dapat mencukupi kebutuhan hidup? Apakah gaji perawat setimpal dengan beban kerja yang harus ditanggung? Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, Anda dapat membaca tulisan di bawah ini.

Upah Perawat di Seluruh Dunia
Upah Perawat di Seluruh Dunia

Perawat merupakan pekerjaan yang mulia. Banyak anak – anak, terutama yang berasal dari negara konflik bercita – cita menjadi seorang perawat karena ingin membantu orang lain. Di lain sisi, banyak pula orang dewasa yang ingin anaknya menjadi seorang perawat karena pekerjaan perawat yang terlihat elit dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Tanggung jawab seorang perawat mungkin tidak sebesar tanggung jawab seorang dokter. Namun jika dibandingkan dari sudut pandang beban kerja, beban kerja dan tingkat kelelahan yang harus ditanggung oleh perawat bisa lebih tinggi dari beban kerja dan tingkat kelelahan yang harus ditanggung seorang dokter.

Dari mulai mengurusi pasien, menyiapkan obat untuk pasien, menyiapkan ruang perawatan, menyiapkan ruang operasi, jaga piket di malam hari, dan lain sebagainya, semuanya harus dilakukan oleh seorang perawat. Lantas, dengan beban kerja sebesar itu, berapakah upah perawat di seluruh dunia?

Gaji dan Upah Perawat di Seluruh Dunia

Meskipun perawat memiliki beban kerja yang cukup berat, nyatanya upah perawat di Indonesia dan di negara – negara lainnya masih tergolong cukup rendah. Jika dibandingkan dengan beberapa jenis pekerjaan lainnya, upah yang diterima seorang perawat bahkan hanya setengah atau bahkan se-perempatnya saja.

Di Indonesia misalnya, menurut hasil survei, besaran upah rata – rata yang diterima oleh perawat di Indonesia berada di kisaran 40 ribu rupiah dengan kisaran upah bersih di angka 30 ribu rupiah per jam. Jika diasumsikan per minggunya ia bekerja selama 40 jam. Maka upah per minggu yang diterima oleh perawat di Indonesia adalah 1,2 juta rupiah.

Upah 1,2 juta rupiah tersebut adalah upah rata – rata. Artinya praktek realnya di lapangan, upah perawat di daerah mungkin bisa saja lebih rendah dari angka tersebut. Di daerah terpencil seperti Pematangsiantar misalnya, di Tahun 2018, upah seorang perawat dengan pengalaman kerja lebih dari 1 tahun hanya sebesar 2,3 juta rupiah per bulan.

Upah Perawat di Seluruh Dunia
Upah Perawat di Seluruh Dunia

Lantas, bagaimana dengan di negara – negara lainnya? Di negara maju seperti Belanda, Spanyol, dan Jerman, upah perawat tergolong cukup tinggi. Di Belanda, upah yang diterima oleh seorang perawat dalam satu jam kerja berada di angka 22.08 USD. Di Spanyol, upah perawat berada di angka 21.97 USD per jam, dan di Jerman sebesar 19,17 USD per jam.

Satu hal yang aneh mengenai upah perawat di seluruh dunia berada di Negara Rusia. Meskipun negara ini adalah sebuah negara maju, namun upah perawat di negara ini tergolong sangat rendah. Bahkan lebih rendah dari gaji perawat di Indonesia.

Menurut data yang kami himpun dari beberapa sumber, upah rata – rata yang diterima oleh perawat di Rusia hanya sekitar 1,97 USD saja per jamnya. Angka tersebut hanya sepersepuluh besaran upah yang diterima oleh perawat di Jerman.

Upah Perawat di Seluruh Dunia
Upah Perawat di Seluruh Dunia

Nah itulah kisaran gaji atau upah perawat di seluruh dunia. Jadi, setelah mengetahui kisaran gaji perawat, apakah Anda masih bercita – cita untuk menjadi seorang perawat di rumah sakit? Atau Anda lebih memilih profesi lain yang menawarkan standar gaji yang lebih tinggi?

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.