HOME
Home » Informasi Dan Berita » Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Posted at Mei 23rd, 2018 | Categorised in Informasi Dan Berita
Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Sebagai pemimpin yang bertugas mengatur pemerintahan, presiden berhak mendapatkan gaji yang diambil dari anggaran negara. Jika melihat pada besarnya tanggung jawab yang harus diemban seorang presiden, maka sudah sepatutnya presiden mendapatkan gaji yang besar. Lantas berapa sih besaran gaji presiden?

Gaji Presiden Indonesia

Baru – baru ini santer terdengar kabar bahwa gaji Presiden Republik Indonesia akan dinaikkan hingga beberapa kali lipat. Terakhir beberapa media besar nasional menyebutkan bahwa upah Presiden Republik Indonesia akan naik hingga mencapai 553 juta rupiah.

Menteri keuangan Sri Mulyani Idrawati langsung membantah kabar tersebut. Menurut Menteri Keuangan Terbaik se Asia Tenggara Tahun 2018 ini, meskipun gaji Presiden Joko Widodo dinaikkan, besarannya tidak akan menyentuh angka tersebut.

Menurut Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000 Tentang Gaji Pokok Pimpnan Lembaga Tertinggi Negara, besaran gaji Presiden Republik Indonesia beserta dengan tunjangannya di Tahun 2018 ini masih berada di angka 62,74 juta rupiah per bulan.

Jika dibandingkan dengan upah presiden negara lain, terutama negara – negara maju yang ada di Benua Eropa dan Amerika, gaji Presiden Indonesia tentunya tergolong benar – benar sangat kecil.

Gaji Perdana Menteri dan Presiden di Negara Maju

Di negara – negara maju seperti Singapura, Inggris, dan Amerika, gaji yang seorang presiden atau pun pemimpin negara dapat mencapai milyaran rupiah. Berikut merupakan beberapa negara dengan standar gaji presiden tertinggi di dunia:

1. Perdana Menteri Singapura

Perdana Menteri Singapura setiap tahunnya mendapatkan gaji sebesar 2,2 juta USD. Jika dikonversi ke Rupiah, maka gaji yang didapatkan oleh Perdana Menteri Singapura adalah sekitar 30 Milyar Rupiah.

Sebelumnya, Perdana Menteri Singapura mendapatkan upah yang jauh lebih besar. Namun, karena banyak warga negara yang mengajukan mosi ketidakpuasan, jumlah gaji orang nomor satu di Singapura tersebut akhirnya dikurangi sebesar 35 persen.

2. Presiden Swiss

Di negara Swiss, jabatan presiden sebenarnya hanya sebuah formalitas belaka. Pimpinan tertinggi di negara ini tidak berada di tangan presiden melainkan berada di tangan parlemen.

Anehnya, meskipun jabatan presiden hanya dianggap sebagai formalitas belaka, namun gaji presiden di Swiss ditetapkan di angka yang sangat tinggi, yaitu sebesar 437.000 USD atau setara dengan 5.9 Milyar Rupiah per tahun. Angka tersebut setara dengan gaji jajaran menteri yang menduduki parlemen negara.

3. Perdana Menteri Australia

Perdana Menteri Australia setiap tahunnya mendapatkan gaji sebesar 403.700 USD yang setara dengan 5.5 milyar rupiah. Gaji tersebut nyaris 20 kali lipat lebih tinggi dari besaran gaji minimal yang diterima oleh warga negara Australia.

4. Perdana Menteri Kanada

Gaji Perdana Menteri Kanada saat ini berada di angka 267.000 USD atau setara dengan 3,6 milyar Rupiah per tahun. Meskipun bagi kita (warga Indonesia) angka tersebut terbilang besar, namun jika dibandingkan dengan gaji minimal yang diterima oleh penduduk Kanada (sekitar 14.000 USD), gaji tersebut masih tergolong biasa – biasa saja.

5. Kanselir Jerman

Berbeda dengan beberapa negara lainnya yang dipimpin oleh seorang presiden atau perdana menteri, Pemerintahan Negara Jerman dipimpin oleh seorang Kanselir. Menurut informasi yang beredar, gaji Kanselir Jerman saat ini berada di angka 263.000 USD per tahun.

Selain gaji tersebut, Kanselir Jerman juga berhak mendapatkan fasilitas tambahan berupa rumah dinas mewah. Anehnya, alih – alih memanfaatkan rumah mewah tersebut, Kanselir Jerman saat ini, yaitu Angela Merkel lebih memilih tinggal di rumah sederhana yang ada di kota Berlin.

Tags : , ,

Related Post to Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Tips menghemat biaya ketika kuliah tanpa mengurangi budget

Posted at 10 Februari 2019

www.upahminimum.info – Universitas atau perguruan tinggi berkaitan dengan pembelajaran, bersenang-senang dan menjalin pertemanan baru, bukan?. Tapi semoga Anda akan belajar banyak dan mendapatkan kualifikasi... Read More

Daftar Gaji Pegawai Negeri Sipil dan Golongannya - Ilustrasi

Daftar Gaji PNS 2019, Gaji PNS 2018 Hingga 2015 Dan Golongannya

Posted at 27 Desember 2018

www.upahminimum.info – PNS merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diidam-idamkan masyarakat Indonesia. Bekerja sebagai seorang PNS sering kali dianggap sebagai posisi yang aman dan... Read More

Kenaikan Upah Minimum Propinsi Tahun 2018 di Indonesia

Terbaru UMR 2019 : Daftar Upah Minimum Regional Untuk Pekerja

Posted at 21 Agustus 2018

  Pengertian Upah Minimum Regional Upah Minimum Regional 2019 Daftar Upah Minimum Regional 2019 Berikut Detail Daftar UPah Minimum Regional Setiap provinsi Tahun 2019 :... Read More

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Apa yang harus didapat dari benefit pekerja

Posted at 20 Agustus 2018

Saat mengajukan lamaran pekerjaan, perasaan pasti akan terasa campur aduk. Dari mulai penasaran, senang, sampai dengan was – was, semuanya akan dirasakan. Apalagi jika... Read More

Besaran upah Jurnalis Indonesia - Jurnalis

Besaran upah Jurnalis Indonesia

Posted at 16 Agustus 2018

Sebagian dari Anda, terutama yang bercita – cita menjadi seorang jurnalis mungkin pernah bertanya – tanya mengenai besaran upah jurnalis. Apakah besaran upah jurnalis... Read More

Kategori