Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo
Upah Sebagai Presiden Negara Seperti Presiden Joko Widodo

Sebagai pemimpin yang bertugas mengatur pemerintahan, presiden berhak mendapatkan gaji yang diambil dari anggaran negara. Jika melihat pada besarnya tanggung jawab yang harus diemban seorang presiden, maka sudah sepatutnya presiden mendapatkan gaji yang besar. Lantas berapa sih besaran gaji presiden?

Gaji Presiden Indonesia

Baru – baru ini santer terdengar kabar bahwa gaji Presiden Republik Indonesia akan dinaikkan hingga beberapa kali lipat. Terakhir beberapa media besar nasional menyebutkan bahwa upah Presiden Republik Indonesia akan naik hingga mencapai 553 juta rupiah.

Menteri keuangan Sri Mulyani Idrawati langsung membantah kabar tersebut. Menurut Menteri Keuangan Terbaik se Asia Tenggara Tahun 2018 ini, meskipun gaji Presiden Joko Widodo dinaikkan, besarannya tidak akan menyentuh angka tersebut.

Menurut Peraturan Pemerintah No. 75 Tahun 2000 Tentang Gaji Pokok Pimpnan Lembaga Tertinggi Negara, besaran gaji Presiden Republik Indonesia beserta dengan tunjangannya di Tahun 2018 ini masih berada di angka 62,74 juta rupiah per bulan.

Jika dibandingkan dengan upah presiden negara lain, terutama negara – negara maju yang ada di Benua Eropa dan Amerika, gaji Presiden Indonesia tentunya tergolong benar – benar sangat kecil.

Gaji Perdana Menteri dan Presiden di Negara Maju

Di negara – negara maju seperti Singapura, Inggris, dan Amerika, gaji yang seorang presiden atau pun pemimpin negara dapat mencapai milyaran rupiah. Berikut merupakan beberapa negara dengan standar gaji presiden tertinggi di dunia:

1. Perdana Menteri Singapura

Perdana Menteri Singapura setiap tahunnya mendapatkan gaji sebesar 2,2 juta USD. Jika dikonversi ke Rupiah, maka gaji yang didapatkan oleh Perdana Menteri Singapura adalah sekitar 30 Milyar Rupiah.

Sebelumnya, Perdana Menteri Singapura mendapatkan upah yang jauh lebih besar. Namun, karena banyak warga negara yang mengajukan mosi ketidakpuasan, jumlah gaji orang nomor satu di Singapura tersebut akhirnya dikurangi sebesar 35 persen.

2. Presiden Swiss

Di negara Swiss, jabatan presiden sebenarnya hanya sebuah formalitas belaka. Pimpinan tertinggi di negara ini tidak berada di tangan presiden melainkan berada di tangan parlemen.

Anehnya, meskipun jabatan presiden hanya dianggap sebagai formalitas belaka, namun gaji presiden di Swiss ditetapkan di angka yang sangat tinggi, yaitu sebesar 437.000 USD atau setara dengan 5.9 Milyar Rupiah per tahun. Angka tersebut setara dengan gaji jajaran menteri yang menduduki parlemen negara.

3. Perdana Menteri Australia

Perdana Menteri Australia setiap tahunnya mendapatkan gaji sebesar 403.700 USD yang setara dengan 5.5 milyar rupiah. Gaji tersebut nyaris 20 kali lipat lebih tinggi dari besaran gaji minimal yang diterima oleh warga negara Australia.

4. Perdana Menteri Kanada

Gaji Perdana Menteri Kanada saat ini berada di angka 267.000 USD atau setara dengan 3,6 milyar Rupiah per tahun. Meskipun bagi kita (warga Indonesia) angka tersebut terbilang besar, namun jika dibandingkan dengan gaji minimal yang diterima oleh penduduk Kanada (sekitar 14.000 USD), gaji tersebut masih tergolong biasa – biasa saja.

5. Kanselir Jerman

Berbeda dengan beberapa negara lainnya yang dipimpin oleh seorang presiden atau perdana menteri, Pemerintahan Negara Jerman dipimpin oleh seorang Kanselir. Menurut informasi yang beredar, gaji Kanselir Jerman saat ini berada di angka 263.000 USD per tahun.

Selain gaji tersebut, Kanselir Jerman juga berhak mendapatkan fasilitas tambahan berupa rumah dinas mewah. Anehnya, alih – alih memanfaatkan rumah mewah tersebut, Kanselir Jerman saat ini, yaitu Angela Merkel lebih memilih tinggal di rumah sederhana yang ada di kota Berlin.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.